Kamis, 28 Jan 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Penilaian SD dan SMP Akhir Semester Tetap Berlangsung

01 Desember 2020, 21: 24: 48 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Penilaian SD dan SMP Akhir Semester Tetap Berlangsung

Kadisdik Tabanan I Nyoman Putra. (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Meskipun masih harus menerapkan sistem pembelajaran daring guna mengantisipasi Covid-19, namun Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk jenjang SD dan SMP di Kabupaten Tabanan tetap berlangsung.

Untuk siswa SD, PAS dilakukan secara tertulis, dimana orang tua siswa yang mengambil soal ke sekolah masing-masing untuk selanjutnya dikerjakan di rumah. Sedangkan siswa SMP mengerjakan soal secara daring. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan I Nyoman Putra menjelaskan, PAS tetap berlangsung meskipun kegiatan belajar-mengajar di sekolah belum bisa dilaksanakan akibat pandemi Covid-19. Dimana orang tua mengambil soal ke sekolah, kemudian dikerjakan di rumah oleh siswa.

"PAS untuk SD sudah dimulai sejak Senin (30/11) dan akan berakhir Sabtu (5/12)," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (1/12). 

Dikatakan Nyoman Putra,  PAS digelar untuk melakukan evaluasi pembelajaran daring yang selama ini sudah dilakukan. Pihaknya pun berharap dalam pelaksanaan PAS ini orang tua dapat mengawasi putra-putrinya dengan baik dan benar. Baik itu maksudnya agar mendampingi dengan sungguh-sungguh dan benar, maksudnya orang tua tidak memberitahu jawaban.

"Jadi biarkan mereka menjawab dengan sendiri sesuai kemampuan mereka, supaya kita bisa mengetahui tingkat kemampuan selama belajar daring karena pandemi Covid-19," lanjutnya.

Adapun mekanisme pengambilan soal PAS untuk siswa SD langsung diambil ke sekolah. Bagi yang jaraknya jauh, soal bisa diambil sekalian. Soal dan lembar jawaban diberikan sesuai dengan jumlah mata pelajaran.

Intinya pengambilan soal menyesuaikan zonasi kemudian soal yang sudah dikerjakan dibawa ke sekolah. "Untuk pengawasan tetap dimonitor oleh gurunya. Siswa dikunjungi oleh gurunya ke rumah-rumah," sambungnya.

Sedangkan untuk siswa jenjang SMP, pelaksanaan PAS sudah dilakukan sesuai jadwal masing-masing di sekolah secara daring. Ada yang masih berlangsung, dan ada pula yang sudah selesai melaksanakan PAS.

Sejumlah siswa yang mengalami masalah jaringan pun terpaksa melakukan PAS secara tertulis. "Tetapi tidak semua siswa dibantu soal tertulis, yang ngerjakan soal tertulis hanya yang mengalami masalah jaringan. Jadi tetap secara umum PAS dilakukan secara daring," pungkasnya. 

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news