Kamis, 28 Jan 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Jalani Swab Ketiga, Taruna Positif Covid-19 Terus Bertambah

03 Desember 2020, 20: 48: 23 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Jalani Swab Ketiga, Taruna Positif Covid-19 Terus Bertambah

Direktur Poltrada Bali Bambang Wijonarko. (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Setelah Rabu (2/12) tercatat ada 203 taruna Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali yang dinyatakan positif Covid-19, kini bertambah lagi menjadi 238 orang.  Jadi, ada penambahan kasus positif sebanyak 35 orang. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika menerangkan, dari total 311 taruna Poltrada Bali, sebanyak 238 orang dinyatakan positif Covid-19, sesuai dengan hasil tes swab yang dilakukan tanggal 27 November 2020 kemarin. "Sampai hari ini yang positif sebanyak 238 orang, dan 5 orang hasilnya belum keluar," tegasnya Kamis (3/12).

Dijelaskan Direktur Poltrada Bali Bambang Wijonarko, taruna dan taruni yang dinyatakan positif Covid-19 diisolasi di lantai 4 dan lantai 5 gedung mess Poltrada Bali yang berlokasi di Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Tabanan. 

Kronologi Taruna Poltrada bali Terpapar Covid19 (Dewa Rastana)

Sedangkan taruna yang negatif, tetap berada di lantai 1, 2 dan 3 mess. "Kalau dilihat dari kasat mata mereka ini semua kondisinya sehat, tapi kita harus pastikan semuanya sampai mereka dinyatakan sembuh dan sehat," ujarnya.

Pada hari Sabtu (5/11), lanjutnya,  akan kembali melakukan tes swab PCR terhadap seluruh taruna. Bagi taruna dan taruni yang hasilnya negatif kemungkinan besar akan dipulangkan, sedangkan yang hasilnya positif akan tetap menjalani isolasi sampai nanti benar-benar sembuh.

"Kalau yang sudah dua kali negatif akan kita pulangkan, sedangkan yang positif akan kembali menjalani isolasi sampai nanti benar-benar hasilnya negatif," imbuhnya.

Wijonarko menjelaskan pada tanggal 7 November 2020 sebanyak 311 orang taruna dan taruni Poltrada Bali tiba di kampus, dan diwajibkan membawa surat keterangan negatif Covid-19 dari daerah masing-masing. 

Sesampainya di kampus, mereka pun mengikuti perkuliahan dan pengenalan lingkungan kampus dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Mereka wajib menggunakan masker dan faceshield saat berkegiatan, rutin mencuci tangan dengan sabun, penggunaan handsanitizer dan menjaga jarak. 

Sampai akhirnya ada taruna yang datang ke unit kesehatan kampus untuk menyampaikan keluhan demam, meriang, sakit tenggorokan hingga kehilangan kemampuan mencium dan mengecap. Karena jumlahnya cukup banyak, maka pihaknya berinisiatif melakukan rapid antigen secara mandiri seluruh taruna di Poltrada Bali. "Kita juga cukup kaget karena sejak awal kita menerapkan prokes dengan ketat," sambungnya.

Dan, berdasarkan hasil rapid antigen pada tanggal 22 November 2020, diketahui sebanyak 138 positif Covid-19 dan 173 dinyatakan negatif. Atas kondisi tersebut, pihaknya bersurat ke Satgas Covid-19 Tabanan untuk selanjutnya dilakukan swab PCR. Dan, hasilnya sungguh mengejutkan, dimana sebanyak 238 taruna dinyatakan positif Covid-19. Terdiri dari 75 taruni dan 163 taruna.

"Prokes tetap kita lakukan dengan ketat, kita juga pasang air purifier agar pergantian udara lancar di tengah koridor mess. Kita punya 5 lantai 2 gedung," lanjutnya.

Di samping itu, akses keluar masuk ke Poltrada Bali kini dibatasi bagi yang tidak berkepentingan. Hanya tenaga medis ber APD yang dapat menjangkau lokasi isolasi taruna. 

Bagi taruna yang menjalani isolasi juga telah disediakan vitamin, madu, minyak kayu putih dan ditunjang dengan makanan dan minuman bergizi seimbang, guna mempercepat proses penyembuhan.

 Selama diisolasi para taruna setiap pagi juga diajak berjemur selama 30 menit, melakukan aktivitas fisik ringan dan mengikuti pembelajaran jarak jauh atau daring. "Mohon doanya agar para taruna dan taruni bisa lekas sembuh dan hasil swabnya negatif," tandas Wijonarko. 

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news