Jumat, 26 Feb 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Lewat Lomba, Penyuluh Bahasa Bali Lestarikan Bahasa dan Aksara 

04 Januari 2021, 18: 08: 45 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Lewat Lomba, Penyuluh Bahasa Bali Lestarikan Bahasa dan Aksara 

LOMBA :  Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Gianyar menyerahkan hadiah lomba virtual Baca Pusisi Bali Modern di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, Senin (4/1).  (istimewa)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Penyuluh Bahasa Bali terus berupaya melestarikan bahasa dan aksara Bali, meski geraknya terbatas lantaran pandemi Covid- 19. 

Upaya pelestarian sudah banyak dilaksanakan, seperti konservasi, identifikasi dan digitalisasi naskah lontar. Kini upaya mempertahankan dan melestarikan bahasa Bali dilakukan melalui media audio maupun visual secara online.

Dalam menjaga eksistensi sastra Bali modern, Penyuluh Bahasa Bali melaksanakan lomba virtual membaca puisi Bali modern, Senin (4/1), yang disambut remaja.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba VirtuaI, Made Wiadnyana, S. Pd, M. Pd mengatakan, tujuan kegiatan lomba virtual membaca puisi Bali Modern ini, untuk mengembangkan Kesusastraan Bali, khususnya Sastra Bali Modern. Sekaligus untuk mengimbau generasi muda agar menyadari pentingnya Bahasa, Aksara dan Kesusastraan Bali dalam menjaga kebudayaan Bali. 

Made Wiadnyana menyatakan sangat merasa bahagia melihat antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan lomba ini. 

Dijelaskannya, seluruh sekolah tingkat SMP ikut berpartisipasi walaupun lomba ini dilaksanalkan secara virtual.  Dan, persiapan peserta sangat maksimal serta berkualitas.

Banyak usaha dilakukan oleh masing-masing sekolah, mulai dari pembinaan, pengeditan vidieo, bahkan ada yang sampai membuat opening vidieo dengan melibatkan sekaa tabuh. 

"Ini menunjukkan sekolah dan peserta tidak main-main atau tidak sekadar ikut berpartisipasi saja. Namun, memang benar-benar ingin menunjukkan hasil yang maksimal. Selain itu, rasa bangga pun muncul ketika di masa pandemi seperti saat ini, semangat rekan-rekan Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Gianyar tak kendor.

"Bukan hanya panitia saja, namun seluruh rekan-rekan Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Gianyar bekerjasama memberikan masukan dan motivasi demi lancarnya kegiatan lomba ini," jelasnya. 

Salah satu juri, Dr. Dra. Anak Agung Sagung Mas Ruscitadewi, M. Fil.H, yang juga maestro sastra Bali Modern, sangat mengapresiasi kegiatan lomba membaca puisi Bali Modern yang dilaksanakan oleh Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Gianyar. 

Meskipun dilaksanakan secara virtual, lanjutnya, bila melihat semangat para siswa dan upaya panitia dalam melestarikan dan menjaga eksistensi bahasa Bali pada saat masa pandemi, patut diberikan apresiasi. 

Dikatakan Mas Ruscitadewi, penekanan terhadap wirasa atau penjiwaan pada saat membaca puisi, sangat penting untuk diperhatikan oleh peserta. Karena semua puisi memiliki amanat masing-masing yang ingin disampaikan oleh penulis dengan karakter masing-masing karya. 

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news