Kamis, 28 Jan 2021
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese

Usaba Pura Dalem Puri Besakih Nyejer Selama Tujuh Hari

07 Januari 2021, 20: 00: 57 WIB | editor : I Putu Suyatra

Usaba Pura Dalem Puri Besakih Nyejer Selama Tujuh Hari

Bendesa Besakih Jro Mangku Widiartha (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS - Penyebaran Covid-19 masih terjadi. Hal ini juga berdampak pada kegiatan masyarakat. Seperti pelaksanaan usaba di Pura Dalem Puri Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Pelaksanaan dari awal hingga berakhir ditegaskan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes). 

Pelaksanaan Usaba Pura Dalem Puri tetap dilaksanakan seperti biasa di tengah situasi pandemi Covid-19. Namun, Usaba hanya bisa dilaksanakan oleh panitia upacara atau pangempon pura. 

Bendesa Besakih Jro Mangku Widiartha mengatakan, berdasarkan hasil keputusan bersama antara PHDI Karangasem dan MDA Karangasem, bahwa pembatasan kehadiran pemedek dalam pelaksaan Usaba Dalem Puri Besakih di tengah situasi pandemi covid-19 diterapkan.

Kata Widiartha, pelaksanaan usaba dari awal sampai berakhir dilaksanakan oleh pengemong/ pengempon Pura Dalem Puri Besakih dengan menerapkan protokol kesehatan. "Krama Bali melaksanakan ngayat (di rumah) dari merajan/sanggah masing-masing. Nantinya bendesa alitan Majelis Desa Adat di masing-masing kecamatan di Bali nuur tirta/air suci.

Usaba Pura Dalem Puri dari tanggal 14-18 Januari. Selanjutnya, masing-masing bendesa adat nyobyahang tirta usaba Pura Dalem Puri kepada krama/umat. "Ini dilakukan karena sampai saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19. Diharapkan lewat keputusan ini, mampu mencegah penyebaran covid-19 di masyarakat," harapnya.

Pemangku Pura Dalem Puri, I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, pelaksanaan Usaba Pura Dalem Puri dimulai 13 Januri sampai 19 Januari. Untuk tanggal 13 Januari dilakukan nedunang ida bhatara, 14-17 Januari katuran ayaban, 18 puncak usaba dan 19 Januari nyineb. "Upacara nyejer selama tujuh hari," ucapnya.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news