Selasa, 26 Jan 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Vaksin Belum Datang, Simulasi Tetap Jalan

12 Januari 2021, 22: 04: 45 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Vaksin Belum Datang, Simulasi Tetap Jalan

SIMULASI : Suasana simulasi di BRSU Tabanan, Selasa (12/1). (istimewa)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Meskipun kedatangan vaksin Covid-19 di Kabupaten Tabanan belum bisa dipastikan kapan hari dan tanggalnya, namun simulasi vaksinasi terus dilakukan, seperti  dilaksanakan di BRSU Tabanan, Selasa (12/1).

Direktur BRSU Tabanan dr. I Nyoman Susila mengatakan, dalam simulasi vaksinasi, pihaknya melibatkan sekitar 20 orang tenaga kesehatan di BRSU Tabanan. "Petugas inti 8 orang ditambah pendukung dan pemeran, sehingga totalnya sekitar 20 orang," ujarnya.

Ditambahkannya, simulasi berisikan sejumlah adegan sesuai dengan tahapan yang harus dijalani apabila seseorang divaksin Covid-19. Mulai dari datang ke fasilitas kesehatan, kemudian penerima vaksin akan menjalani empat tahapan dalam pemberian vaksin. 

Pertama pendaftaran, kedua tahap pemeriksaan, apakah orang tersebut memungkinkan untuk diberikan vaksin atau tidak. Jika orang tersebut sehat, maka dilanjutkan ke tahap ketiga, yaitu pemberian vaksin, dan keempat adalah tahap pemantauan apakah ada gejala ikutan pasca vaksinasi atau tidak.

"Dengan simulasi ini, kita ingin sumber daya manusianya dapat semakin terlatih dalam memberikan vaksin nantinya," tandasnya.

Sayangnya Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr. I Nyoman Suratmika belum bisa memastikan kapan vaksin Covid-19 akan tiba di Tabanan. "Kita menunggu pendistribusian, kalau sudah datang pasti diinformasikan, sabar," ujarnya. 

Kendatipun demikian, ia mengimbau agar masyarakat tidak takut divaksin Covid-19. Sebab, menurutnya dengan vsksin ini peluang terpapar Covid-19 sangat minim. 

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news