Senin, 25 Jan 2021
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese

Pujawali Pura Luhur Rambut Sedana Terapkan Prokes Covid-19 Ketat

13 Januari 2021, 17: 47: 33 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pujawali Pura Luhur Rambut Sedana Terapkan Prokes Covid-19 Ketat

PUJAWALI: Suasana jelang pujawali di Pura Luhur Rambut Sedana, Rabu (13/1). (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Pujawali di Pura Luhur Rambut Sedana, Desa Pekraman Jatiluwih, Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, yang jatuh setiap Buda Cemeng Klawu, Rabu (13/1) berlangsung secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. 

Perbekel Desa Jatiluwih, I Nengah Kartika menjelaskan bahwa situasi pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan pujawali jelih di Pura yang berstatus Kahyangan Jagat itu terbatas. "Pemedek dibatasi, tidak ada uleman dan prokes Covid-19 diterapkan secara ketat, kita mengikuti imbauan pemerintah guna mengantisipasi penyebaran Covid-19," tegasnya.

Namun meskipun jumlah pemedek dibatasi yakni maksimal 25 orang dalam satu kali gelombang persembahyangan, pujawali kali ini tetap Nyejer selama 3 hari. "Dalam pelaksanaannya ada pecalang yang berjaga untuk mengatur pemedek agar tetap taat prokes," jelas Kartika.

Padahal biasanya, ketika pujawali pemedek yang tangkil ke Pura Luhur Rambut Sedana bisa terbilang sangat banyak. Datang dari berbagai daerah di Bali dan umumnya dari lembaga atau perusahaan yang berkaitan dengan keuangan atau perbankan. Sebab di Pura Luhur Rambut Sedana berstana Ida Betara Rambut Sedana yang dipercayai merupakan tempat memohon keselamatan, kesuburan, kemakmuran dan kesejahteraan hingga kelancaran rejeki. "Memang banyak lembaga-lembaga keuangan yang tangkil seperti koperasi, bank, LPD, pedagang, pengusaha, lanjutnya.

Pujawali sendiri dihaturkan pukul 20.00 Wita seperti pujawali-pujawali sebelumnya dan akan berakhir pada dini hari. Namun runtutan upakara sudah dimulai sejak pagi.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news