Selasa, 26 Jan 2021
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Diusulkan PAW, Sujanayasa Klarifikasi ke DPW NasDem

13 Januari 2021, 20: 54: 18 WIB | editor : I Putu Suyatra

Diusulkan PAW, Sujanayasa Klarifikasi ke DPW NasDem

I Kadek Sujanayasa (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS - Evaluasi terhadap para kader yang dilakukan DPD NasDem Karangasem pasca pemilihan bupati dan wakil bupati Karangasem cukup mengejutkan. Isu untuk mengganti kader yang duduk di DPRD Karangasem mencuat.

Seperti bocoran yang didapat Bali Express (Jawa Pos Group), Rabu (13/1), anggota DPRD Karangasem dari Fraksi NasDem, I Kadek Sujanayasa kabarnya dibidik untuk diganti. Alasan terkait usulan penggantian mantan Ketua DPD NasDem Karangasem itu dituangkan dalam surat yang diajukan DPD NasDem Karagasem ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Provinsi Bali Nomor 051-SI/NasDem-K.Asem/XII/2020.

Terkait itu, Kadek Sujanayasa menanggapi dingin. Dia membenarkan perihal dirinya diusulkan diganti di DPRD Karangasem. Politikus plontos asal Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, itu mengaku telah mendapat surat dari DPW NasDem Bali untuk memberikan klarifikasi.

"Jadi saya bukan dipanggil. Tapi saya diberikan surat, untuk saya klarifikasi ke DPW. Dan saya sudah lakukan itu (klarifikasi). Dapat surat langsung saya klarifikasi terhadap apa yang jadi usulan itu tadi (kemarin). Nah sekarang kan mekanismenya harus rapat pleno, DPW yang punya ranahnya," tutur Sujanayasa, Rabu (13/1).

Meski begitu, Sujanayasa sempat mengatakan tidak tahu alasan mengapa dirinya diusulkan untuk diganti. Bahkan saat media ini mengonfirmasi kabar tersebut, Selasa (12/1) malam, Sujanayasa mengaku tidak tahu ada surat permohonan pemberhentian dirinya di DPRD Karangasem yang dikirim DPD NasDem Karangasem.

Sujanayasa yang kini menjabat Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Bali itu memilih tidak mau membuka klarifikasi dirinya yang disampaikan ke DPW. "Enggak ah. Coba saja konfirmasi ke DPW NasDem Bali ya. Yang jelas saya sudah berikan klarifikasi. Soal alasannya apa, kenapa saya diusulkan, tanyakan ke DPD (Karangasem)," singkatnya, ketika dihubungi via telepon.

Sebelumnya, Ketua DPD NasDem Karangasem IGA Mas Sumatri enggan menjelaskan detail, ketika dikonfirmasi perihal surat permohonan persetujuan pemberhentian dan penggantian antar waktu (PAW) untuk Sujanayasa. Sempat mengatakan surat itu dikirim lama, Sumatri lantas memilih tidak berkomentar panjang. "Nanti saja," singkat dia.

Informasi yang diperoleh dari sumber, alasan Sujanayasa diusulkan diganti di DPRD Karangasem karena dituding menunjukkan sikap tidak loyal dan soliditas terhadap partai selama tahapan Pilkada Karangasem. Yang mana, Sujanayasa dinilai tidak menjalankan kewajiban aktif dalam pemenangan Paslon yang diusung NasDem di Karangasem.

Sujanayasa juga dituding tak pernah hadir di pertemuan maupun kegiatan yang digelar DPD NasDem Karangasem sebagai partai utama pengusung Paslon IGA Mas Sumatri dan I Made Sukerana (Massker), maupun kegiatan yang diadakan partai koalisi. Atas sikapnya itu, Sujanayasa dikabarkan telah mendapat teguran lisan maupun tertulis. "Alasannya tertuang di surat permohonan itu," ucap sumber.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news