Selasa, 26 Jan 2021
baliexpress
Home > Kolom
icon featured
Kolom

Dampak Penggunaan HP Android Bagi Anak di Masa Pandemi Covid 19

Oleh: Pande Made Parwatha, S.Si*

13 Januari 2021, 21: 13: 39 WIB | editor : I Putu Suyatra

Dampak Penggunaan HP Android Bagi Anak di Masa Pandemi Covid 19

ILUSTRASI (ISTIMEWA)

Share this      

KITA mengetahui bahwa Pandemi  covid-19 telah hadir di berbagai negara, dimana Indonesia merupakan salah satu negara yang kena dampaknya.. Hal ini menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya dibidang pendidikan. Pasca pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pertengahan Maret 2020 untuk menekan angka penderita Covid 19, pemerintah  menghasilkan kebijakan dalam dunia pendidikan yaitu meniadakan sementara pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran jarak jauh baik tingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi. Seiring dengan waku berjalan menimbulkan berbagai problema baru dalam kegiatan belajar baik terhadap pendidik maupun peserta didik.

Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi dalam dunia pendidikan agar siswa tetap memperoleh ilmu pengetahuan yang diperoleh dari guru sekolahnya. Karena tidak ada alasan untuk siswa tidak belajar meski dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. Pembelajaran daring mengharuskan siswa berhadapan dengan elektronik berlayar sentuh seperti android, tablet dan laptop. Ada banyak sisi positif dari penggunaan android saat pembelajaran daring, yaitu seperti mengakses informasi untuk menyelesaikan tugasnya,.

Terlepas dari itu banyak orang tua memiliki rasa kekhawatiran yang besar saat siswa menggunakan android terlalu lama, bahkan untuk memainkan android tersebut siswa sering kali beralasan untuk mengerjakan tugas sekolah tetapi pada kenyataannya mereka malah menggunakannya untuk bermain game. Permasalahan yag timbul ialah masih banyak peserta didik tidak memiliki akses untuk melakukan daring seperti peserta didik yang tidak memiliki sarana android untuk melakukan kegiatan daring dan peserta didik tidak memperoleh akses jaringan.Dampak negatif dari penggunaan hp android pada anak yaitu: mengganggu pertumbuhan otak anak, obesitas, kurang tidur, kecanduan, dan radiasi emisi.Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP android  bisa saja digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang kurang baik untuk seusianya.Salah satu sisi positif utama memberikan ponsel pada anak  adalah untuk alasan komunikasi. Dengan memiliki ponsel, orang tua dapat memantau keberadaan anak setiap waktu, juga sangat membantu dalam keadaan darurat atau anak dalam kesulitan. Misalnya saja saat terpisah dengan orang tua di tempat umum, saat ada orang yang bermaksud jahat, atau anak berada dalam situasi yang tidak aman, mereka dapat menghubungi orang tua untuk meminta pertolongan.

Solusi yang bisa ditawarkan adalah orang tua harus bijak dan terus mendampingi anak dalam menggunakan hp android , dengan cara memilih program pendidikan yang bermutu untuk anak dan konten yang sesuai dengan usia anak. Terlepas dari tugas orang tua yang banyak  usahakan orangtua meluangkan waktu juga ikut menonton apa yang mereka tonton di dalam HP. Upaya yang dapat dilakukan terakhir  adalah menyeimbangkan dengan aktifitas lain seperti berolahraga diluar ruangan, berkebun, berkreasi, dan hal positif lainnya. Sehingga proses pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kecemasan dari orang tua. (*)

*) Guru SMKN 1 ABANG

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news