Rabu, 20 Jan 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Usai Serahkan Bantuan di Sangeh, Giri Prasta Siap Divaksin

14 Januari 2021, 07: 42: 56 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Usai Serahkan Bantuan di Sangeh, Giri Prasta Siap Divaksin

SIAP : Bupati Giri Prasta siap menjadi orang pertama di Badung yang divaksin Covid-19. (istimewa)

Share this      

MANGUPURA, BALI EXPRESS-Sesuai jadwal Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta direncanakan bakal mengikuti vaksinasi, Jumat (15/1) di Puskesmas Abiansemal 1, Blahkiuh, Abiansemal. 

Giri Prasta mengaku siap untuk mengikuti vaksinasi, yang sesuai rencana bakal dilakukan usai menyerahkan bantuan secara simbolis bagi masyarakat di tengah Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di wantian Objek Wisata Sangeh. 

“Saya pastikan tanggal 15 Januari, saya siap divaksin,” tegas Giri Prasta saat ditemui usai rapat koordinasi terkait rencana pemberian bantuan kepada masyarakat selama PKM di Puspem Badung, Rabu (13/1) kemarin.

Giri Prasta mengaku siap dengan segala risiko yang dihadapi ketika menerima vaksin tersebut. Sebab menurutnya pemimpin yang baik adalah pendengar yang baik. Dan siapa pun menjadi pemimpin, kata dia, harus menjadi contoh, bukan sekadar memberi. 

“Misalnya saya harus menjadi contoh saya divaksin saya siap, sehingga nanti masyarakat tidak ragu lagi. Artinya bupati saja mau divaksin,” ujarnya.

Berkenaan dengan program vaksin gratis yang diselenggarakan pemerintah pusat, Bupati Giri Prasta secara tegas menyampaikan pihaknya selaku bupati siap untuk menjadi orang pertama di Badung yang divaksin Covid-19.

Kesiapan divaksin juga diyakinkan Ketua DPRD Badung I Putu Parwata. Ia mengaku sangat siap untuk disuntik vaksin. “Kalau memang saya dinyatakan bisa divaksin, silakan saya suntik vaksin, saya berani paling pertama,” ujarnya.

Hanya saja, keikutsertaannya nanti masih menunggu hasil screening. “Hasil screening masih dikaji. Kalau hasilnya saya bisa divaksin, silakan disuntik,” tandasnya.

Seperti diketahui, Selasa (12/1) lalu, vaksin Covid-19 telah tiba di UPT Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) Badung, di kawasan Desa Blahkiuh, Abiansemal dengan pengawalan Brimob. Vaksin dengan jumlah 11.080 vial tersebut sebelumnya disimpan Pemprov Bali.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Badung dr. I Nyoman Gunarta di sela-sela mendampingi distribusi mengungkapkan 11.080 vial vaksin, sesuai petunjuk teknis akan diarahkan untuk SDM kesehatan. Lantaran dua kali penyuntikan perorang, maka 11.080 vaksin itu menyasar 5.540 orang. “Jadi 5.540 itu dikalikan dua,” ungkapnya.

Pada tahap perdana, rencananya diikuti 10 orang. Mulai dari pejabat, perwakilan organisasi profesi kesehatan, dan tokoh masyarakat di Badung. Kesepuluh orang tersebut, yakni Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Kadiskes, Direktur RSD Mangusada, Ketua IDI, Ketua PPNI, dan tokoh masyarakat yang diwakili Kasatpol PP, karena selalu terjun langsung dalam penanganan Covid-19. 

“Kami sudah kirim 10 nama itu ke pusat, mudah-mudahan lolos screening,” ujarnya. Sesuai petunjuk teknis, lanjut mantan Direktur RSD Mangusada ini, vaksinasi tahap pertama menyasar tenaga kesehatan. 

Dikatakan, SDM kesehatan di Kabupaten Badung yang terdiri dari dokter, bidan, perawat, kesehatan masyarakat, apoteker, analis lingkungan berjumlah 7.076 orang. Sehingga jumlah vaksin yang dikirim saat ini masih kurang. Namun, ia yakin, sembari vaksinasi berjalan, maka vaksin berikutnya akan tiba.

Di samping itu, dari SDM kesehatan di Badung, sekitar 400 orang dikatakan penyintas Covid-19, sehingga tak diberikan. Diterangkan, ada tiga kategori, yakni bagi yang sehat diberikan, bagi komorbid atau memiliki penyakit penyerta ditunda, sedangkan bagi penyintas Covid-19 tak diberikan.

 “Nanti dari hasil screening itu yang akan menentukan. Disana akan kelihatan, apakah diberikan, ditunda, atau tidak diberikan,” terangnya.

Apakah kesepuluh tokoh yang diajukan sudah lolos screening? Menurutnya, akan dicek kembali sehari menjelang jadwal vaksinasi. “Jadi tanggal 14 (Januari) itu, setelah puasa akan dilakukan pengecekan kesehatan kembali. Nanti akan kami lihat hasilnya,” tandasnya. 

(bx/adi/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news