Kamis, 04 Mar 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Pencarian Nelayan Hilang Nihil, Keluarga Gelar Upacara Ngulapin

27 Januari 2021, 19: 15: 10 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Pencarian Nelayan Hilang Nihil, Keluarga Gelar Upacara Ngulapin

UPACARA : TIM Basarnas melakukan pencarian, setelah korban Astawan dikabarkan menghilang saat menyelam.  Keluarga korban gelar upacara Ngulapin. (istimewa)

Share this      

GEROKGAK, BALI EXPRESS- Tim Search and Rescue (SAR) terus melakukan pencarian nelayan Kadek Astawan, 30, yang dilaporkan hilang sejak Selasa (26/1) saat menembak ikan di kawasan Perairan Pemuteran. Sayang, hasil pencarian hari kedua terhadap warga Banjar Dinas Loka Segara, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak masih nihil.

Pencarian hari kedua ini diperluas hingga 30 Nautical mile (Nm). Selain dari Basarnas Buleleng, pencarian  juga melibatakan personel TNI AL Celukan Bawang, Pol Air Celukan Bawang, dan TRC BPBD Buleleng, serta nelayan.

"Untuk saat ini masih nihil. Pencarian kami perluas hingga 20 Nautical Mile dari lokasi korban dilaporkan menghilang," ungkap Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Buleleng, Dudi Librana Marjaya, Rabu (27/1) siang.

Tim melakukan penyisiran di bagian perairan Desa Pemuteran menggunakan perahu karet. Selain itu juga, penyisiran di daerah bibir Pantai Desa Pemuteran juga dilakukan. "Selama pencarian, tidak ada kendala. Cuaca sangat bersahabat," jelas Dudi Marjaya.

Proses pencarian akan terus dilakukan selama 7 hari kedepan sejak korban Astawan dinyatakan menghilang. Jika nanti korban tetap tidak ditemukan, maka sesuai prosedur proses pencarian akan dihentikan. "Kami masih melihat perkembangan pencarian. Kami berharap, segera ditemukan," kata Dudi Marjaya.

Sementara itu, dari keluarga korban sangat berharap, agar korban bisa segera ditemukan. Bahkan, anggota keluarga korban sempat melakukan upacara Ngulapin untuk membantu mempercepat proses penemuan korban secara nisakala.

Orang tua korban, Gede Nuria, 55,  berharap agar anaknya tersebut bisa ditemukan. "Saya tidak punya firasat apa-apa karena memang Astawan sering mencari ikan dengan memanah. Saya hanya berharap agar anak saya cepat bisa ditemukan," pungkas Nuria.

Diberitakan sebelumnya, seorang nelayan asal Banjar Dinas Loka Segara, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, bernama I Kadek Astawan, 30, dilaporkan menghilang saat mencari ikan dengan spearfishing atau menembak ikan, Selasa (26/1).

Korban Kadek Astawan berangkat mencari ikan naik perahu dari Pelabuhan Pemuteran, dengan jarak tempuh sekitar 1 jam, Selasa pagi pukul 07.00 Wita. Ia berangkat berbarengan dengan lima temannya dalam satu perahu. Mereka kemudian melakukan spearfishing di sekitar rumpon tiga roda perairan Pemuteran.

Namun, sekira pukul 13.00 Wita, saat hendak pulang, korban Kadek Astawan belum juga muncul ke permukaan. Kelima rekan korban pun berinisiatif mencari korban di sekitar lokasi. Namun hingga pukul 15.00 Wita, korban belum juga ditemukan.

Atas peristiwa tersebut, rekan korban Nyoman Suladra, 35, langsung melaporkan kejadian menghilangnya ke Bhabinkamtibmas Desa Pemuteran, Bripka I Gede Astawa. Bripka Gede Astawa lantas meneruskan laporan nelayan hilang ke Satpolair Polres Buleleng dan Pos Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Buleleng.

(bx/dik/rin/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news