Kamis, 04 Mar 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Polres Gianyar Amankan Sabu Terberat Lima Tahun Terakhir

28 Januari 2021, 05: 59: 21 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Polres Gianyar Amankan Sabu Terberat Lima Tahun Terakhir

NARKOBA : Polres Gianyar merilis kasus narkoba, Rabu (27/1). (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Selama bulan Januari 2021, Satresnarkoba Polres Gianyar berhasil mengungkap empat kasus narkotika dengan total 4 orang tersangka di empat tempst kejadian perkara (TKP) berbeda. Total barang bukti yang diamankan mencapai 116,03 gram sabu.

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana mengatakan, pengungkapan pertama dilakukan pada hari Selasa (5/1) sekitar pukul 21.30 Wita di Jalan Pagutan, Banjar Denjalan, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar. 

Ketika itu petugas mengamankan tersangka I Wayan Sutarjaya, 31, alias Yansu alamat Banjar Karang Bomo, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Press Conference Polres Gianyar (Dewa Rastana)

"Setelah melakukan penyelidikan, petugas akhirnya mengamankan tersangka beserta barang bukti berupa 0,81 gran sabu, 12 klip plastik, 1 unit HP, 1 buah alat isap atau bong dan 1 unit sepeda motor," ujarnya, saat press rilis di Mapolres Gianyar, Rabu (27/1).

Pengungkapan kedua dilakukan pada hari Rabu (6/1) sekitar pukul 17.00 Wita. Dimana tersangka Feri Firmansyah, 23, alamat Jalan Sakura, Abianbase, Kecamatan Gianyar, dibekuk saat melintas di Banjar Tebuana, Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar.

"Saat itu tersangka kedapatan membawa 0,32 gram sabu yang rencananya akan dikonsumsi tersangka di tempat yang telah direncanakan," imbuhnya.

Kemudian, pengungkapan ketiga dilakukan pada hari Selasa (12/1) sekitar pukul 21.00 Wita. Saat itu petugas mengamankan tersangka I Wayan Yudana, 46, alias Yanyu, alamat Lingkungan Kalanganyar, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, lantaran kedapatan membawa 2,90 gram sabu.

Tersangka diamankan di Jalan Raya Batubulan, tepatnya di depan Balai Banjar Kapal, Batubulan. "Menurut keterangan tersangka benda haram tersebut hendak diedarkan," lanjutnya.

Dan yang terakhir, petugas mengamankan tersangka Febitha Prayohana Kaiksan, 39, alias Febi, alamat Jalan Raya Pantai Batu Bolong, Nomor 35, Kecamatan Kuta Utara, Badung, pada hari Kamis (21/1) di pinggir Jalan Raya Batubulan, tepatnya di sebelah timur perbatasan Gianyar dan Denpasar memasuki Banjar Manguntur, Batubulan. 

"Tersangka kedapatan membawa 112 gram sabu dan berprofesi sebagai kurir yang mengantar sabu dari wilayah Gianyar dibawa ke Denpasar. Saat ditangkap tersangka sempat membuang barang bukti berupa sabu dan telepon seluler ," jelasnya.

Menurutnya, barang bukti yang disita dari tersangka Febi ini, merupakan barang bukti dengan jumlah terbanyak. Bahkan, dalam lima tahun terakhir ini. Sehingga hal tersebut pun menjadi prestasi tersendiri bagi jajaran Polres Gianyar. "Yang jumlahnya 1 ons lebih memang cukup besar untuk di wilayah Gianyar. Dan, dengan menyita barang bukti ini artinya kita bisa menyelamatkan lebih banyak orang," ungkapnya.

Akibat perbuatannya tersebut, tersangka Yansu dan Febi yang berprofesi sebagai pengedar dijerat pasal 114 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 6 tahun penjara. Sedangkan tersangka Feri dan Yanyu dijerat pasal 112 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara. 

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news