Minggu, 07 Mar 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Idealnya Wisatawan Tidak Dibebani Biaya Swab PCR Kunjungi Bali

28 Januari 2021, 07: 23: 43 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Idealnya Wisatawan Tidak Dibebani Biaya Swab PCR Kunjungi Bali

SEPI : Suasana Ubud yang sepi diharapkan kembali ramai dengan terwujudnya wacana tes swab PCR gratis wisatawan domestik. (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Usulan yang disampaikan Ketua DPRD Gianyar, Wayan Tagel Winarta untuk melakukan lockdown guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, sepertinya sulit terwujud apabila tidak ada kesepakatan dari semua pihak. Maka dari itu, diharapkan pemerintah dapat memberikan swab PCR gratis untuk wisatawan yang berencana ke Bali.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gianyar Pande Mahayana Adityawarman. 

Pande Mahayana Adityawarman mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik (wisdom) ke Bali, pelaku industri pariwisata di Gianyar mengharapkan wacana swab PCR (Polymerase Chain Reaction) gratis dari pemerintah pusat untuk wisatawan yang berencana ke Bali diharapkan bisa terwujud. "Kita berharap pemerintah dapat memberikan swab PCR gratis untuk wisatawan yang berencana ke Bali," ujarnya Rabu (27/1).

Ditambahkannya, saat ini sedang dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jilid II, dan pelaksanaan PPKM perpanjangan ini diharapkan betul-betul optimal untuk menekan kasus Covid-19 di Gianyar maupun di Bali. 

"Kita berharap masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, sehingga program PPKM berhasil dan kasus Covid-19 bisa menurun," imbuhnya. 

Dikatakannya, wacana untuk penerapan lockdown menekan kasus Covid-19 di Gianyar maupun di Bali secara umum sangat sulit terwujud. Sebab, menurutnya membutuhkan biaya yang sangat besar untuk menjamin kebutuhan pangan masyarakat selama pelaksanaan lockdown.

Di samping itu, kebijakan pemerintah juga selama ini masih menyeimbangkan penanganan kesehatan (pandemi Covid-19) dengan upaya menggerakkan ekonomi. Aktivitas ekonomi bisa berjalan, tentu dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat.

Industri pariwisata di Gianyar tentunya sangat menyetujui jika pemerintah  pusat bisa menggratiskan tes swab PCR. Langkah ini bisa dilaksanakan setelah pelaksanaan PPKM di Bali. " Untuk mendorong kedatangan wisatawan domestik ke Bali memang mereka tidak boleh dibebankan lagi dengan biaya tes swab PCR," tandasnya. 

(bx/ras/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news