Kamis, 04 Mar 2021
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

DPRD Karangasem Sidak Portal Galian di Kubu dan Abang, Ini Temuannya

18 Februari 2021, 21: 31: 53 WIB | editor : I Putu Suyatra

DPRD Karangasem Sidak Portal Galian di Kubu dan Abang, Ini Temuannya

SIDAK: Sidak gabungan komisi pimpinan Ketua DPRD Karangasem menyambangi pos di Tianyar Barat, Kubu, Karangasem, Kamis (18/2). (ISTIMEWA)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS – Komisi gabungan DPRD Karangasem melakukan sidak ke pos pengawasan pajak mineral bukan logam dan batuan atau portal galian C di Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, dan Batu Belah, Kecamatan Abang, Karangasem. Sidak dewan kemarin (18/2) dipimpin Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, bersama wakil I Nengah Sumardi dan I Made Agus Kertiana, serta anggota komisi. Hasilnya, mereka menemukan masalah pada faktur.

Ketua Komisi III DPRD Karangasem I Wayan Sunarta menyebut, selama beberapa minggu dilakukan pengawasan, telah dilihat peningkatan cukup tajam jumlah pendapatan sektor galian C. Sunarta menyebut, pengawasan berlanjut untuk menindaklanjuti sidak yang dilaksanakan beberapa pekan lalu.

Di mana anggota dewan melihat ada perbedaan antara faktur dengan kubik muatan truk. "Sebelumnya dalam faktur tercatat hanya 5 kubik per truk. Faktanya truk mengangkut muatan lebih dari 5 kubik. Kami lakukan tracing di mana masalahnya. Kami lihat potensi pendapatan lumayan kehilangan banyak. Saat ini sudah tertangani," ujar Sunarta.

Politisi asal Kecamatan Manggis, Karangasem itu menegaskan, pengawasan ketat yang baru mulai dilakukan dalam uji petik tersebut telah menunjukkan hasil yang memuaskan. Sebab, sebelum ada pengawasan, jumlah truk tak lebih 200 truk setiap harinya.

Pihaknya berharap pengawasan ketat semacam ini dilakukan konsisten. Dia mengakui, salah sumber yang masih berpotensi seperti galian C akan membantu mendongkrak pendapatan di tengah pandemi Covid-19. Apalagi ada kenaikan target pendapatan dari sektor tersebut. "Pengawasan ketat harus seragam. Yang jelas, progress-nya bagus," tukasnya.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news