Kamis, 04 Mar 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Gunakan APBD, Pemkab Gianyar Lanjutkan Karantina OTG Terintegrasi

21 Februari 2021, 19: 36: 47 WIB | editor : Nyoman Suarna

Gunakan APBD, Pemkab Gianyar Lanjutkan Karantina OTG Terintegrasi

Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya. (IST)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Lantaran Pemerintah pusat tidak lagi menggelontorkan anggaran untuk mendanai tempat karantina (isolasi) terintegrasi untuk orang tanpa gejala (OTG) di daerah, Pemkab Gianyar pun kini akan menggunakan anggaran APBD Kabupatem Gianyar.

Menurut Sekda Kabupaten Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, Kabupaten Gianyar akan tetap memberlakukan tempat karantina terintegrasi dengan menggunakan anggaran dari APBD Gianyar. "Pelaksanaan karantina OTG tidak lagi dibiayai Pemerintah Pusat, tapi Kabupaten Gianyar dalam penanganan pandemi Covid-19 tetap akan memberlakukan karantina terpusat," tegas pria yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Gianyar tersebut Minggu (21/2).

Ditambahkannya jika selama mendapatkan dana dari pusat, kegiatan karantina terpusat untuk OTG dilaksanakan di dua hotel, yakni di Hotel Suli dan Hotel Max One Ubud. Hanya saja, karantina terintegrasi yang menggunakan anggaran APBD hanya di satu hotel. Yaitu akan dipusatkan di Hotel Max One. "Dan dalam rapat sudah diputuskan Bupati untuk karantina terpusat dibiayai dari APBD Kabupaten Gianyar ," imbuhnya. 

Adapun tempat karantina OTG di Hotel Max One Ubud memiliki kapasitas 47 kamar dengan total 94 bed. Dengan demikian Pemkab Gianyar memastikan tidak mengizinkan OTG untuk melaksanakan karantina mandiri di rumah. 

Namun apabila kapasitas di Hotel Max One telah terisi seluruhnya atau terjadi overload, maka pihaknya akan melakukan penambahan lokasi karantina terintegrasi. "Kalau kita lihat situasi saat ini nampaknya cukup ditampung dalam 1 hotel. Tapi jika terjadi overload kita akan tambah lagi," tandas Wisnu Wijaya.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news