Kamis, 04 Mar 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali
Sambut Bulan Bahasa Bali

MGMP Bahasa Bali Buleleng Gelar Workshop E-Learning

23 Februari 2021, 16: 33: 32 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

MGMP Bahasa Bali Buleleng Gelar Workshop E-Learning

OPTIMALISASI : MGMP Bahasa Bali Kabupaten Buleleng saat menggelar workshop Optimalisasi E-Learning Bahasa Bali secara daring yang dilaksanakan terhitung 15 hingga 19 Februari 2021 lalu. (Putu Mardika/Bali Express)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS-Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Bali Buleleng, menggelar worksop Optimalisasi E-Learning Bahasa Bali secara daring. Kegiatan ini digelar serangkaian menyambut Bulan Bahasa Bali yang jatuh setiap bulan Februari.

Workshop yang diikuti oleh seluruh guru Bahasa Bali SMA se-Kabupaten Buleleng ini, diselenggarakan selama 32 jam. Terhitung tanggal 15 Februari sampai 19 Februari lalu dengan menerapkan skema on job learning. Workhop virtual meet berbasis Google Meet juga memanfaatkan LMS Google Classroom dalam manajemen materi dan penugasan workshop.

Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) SMA Kabupaten Buleleng, Drs. Putu Arimbawa, M.Pd, yang sekaligus membuka acara workshop, mengapresiasi kegiatan tahunan ini. Ia menyebut jika kegiatan pengembangan kompetensi berkelanjutan berbasis komunitas profesi merupakan sesuatu yang memang diharapkan oleh pemerintah.

“Sejauh ini belum banyak MGMP yang aktif melaksanakan kegiatan serupa. Oleh karena itu, besar harapan kami agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara konsisten oleh MGMP Bahasa Bali SMA Kabupaten Buleleng,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua MGMP Bahasa Bali SMA Kabupaten Buleleng, I Gusti Bagus Weda Sanjaya, S.Pd.B mengatakan, kegiatan workshop ini diselenggarakan dengan skema berbagi praktik. Baik di antara anggota MGMP dalam pembelajaran daring yang telah dilalui selama dua semester.

Ada empat narasumber internal dilibatkan dalam workshop ini, yakni I Kadek Mustika, S.Pd., M.Pd., guru Bahasa Bali di SMAN 1 Seririt, I Gede Herry Mahendrawan, S.Pd.B., guru Bahasa Bali di SMAN 2 Singaraja, Gusti Ayu Verna Devyana, S.Pd., guru Bahasa Bali di SMAN 4 Singaraja, serta I Gusti Bagus Weda Sanjaya, S.Pd.B., guru Bahasa Bali di SMAN Bali Mandara.

Dalam pemaparannya, Weda menyebutkan jika tujuan pelaksanaan workshop ini selain sebagai bentuk kegiatan memperingati Bulan Bahasa Bali  2021, juga dilaksanakan untuk mengoptimalkan pembelajaran daring yang sudah memasuki semester ketiga, khususnya dalam pembelajaran bahasa Bali.

“Diharapkan para guru Bahasa Bali SMA di Kabupaten Buleleng dapat lebih mengoptimalkan pembelajaran daring guna menghadirkan pembelajaran yang inovatif, menarik, dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai muatan kurikulum,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua panitia, I Kadek Mustika menyebut, pelaksanaan workshop selama lima hari telah berjalan dengan lancar. Tercatat 31 peserta yang terdaftar dalam kegiatan ini. Kendati sibuk mengikuti perayaan Bulan Bahasa, namun peserta tetap menunjukkan kekompakan dan semangat dalam mengikuti workshop.

“Tugas tagihan sudah dikumpulkan oleh peserta workshop, sehingga mereka berhak atas sertifikat. Kami selaku panitia berterima kasih karena kegiatan berjalan lancar dan peserta selalu antusias dalam mengikuti workshop meskipun secara daring,” singkatnya. 

(bx/dik/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news