Kamis, 04 Mar 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali
Dampak Hujan dan Angin Kencang di Klungkung

Bale Pesandekan Roboh, Pohon Tumbang

23 Februari 2021, 17: 58: 33 WIB | editor : Nyoman Suarna

Bale Pesandekan Roboh, Pohon Tumbang

DAMPAK BENCANA: Bangunan bale pesandekan Pura Dugul di Dusun Losan, Desa Takmung roboh (istimewa)

Share this      

KLUNGKUNG, BALI EXPRESS- Cuaca ekstrim kembali menimbulkan bencana di Kabupaten Klungkung. Sebuah bale pesandekan Pura Dugul di Dusun Losan, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan,  roboh.

Kepala Dusun Losan I Ketut Suetana mengungkapkan, kejadiannya saat hujan deras disertai angin kencang, Senin (22/2) malam. Struktur bangunan tidak kuat menahan angin kencang malam itu.  Robohnya bangunan itu juga menimpa bale pawedaan. “Yang rusak parah itu bale pesandekan,” jelas Suetana yang juga pangempon Pura Dugul.

Dikatakannya, pura tersebut diempon anggota subak Takmung, Tempek Losan. Melihat kerusakan bangunan itu, Suetana mengatakan harus membangun baru. Ia berharap pembangunan bisa dibantu oleh Pemkab Klungkung. “Bangunan ini sudah lama, sekitar 18 tahun,” tersang Sutena. Ia juga mengatakan bahwa angin kencang di Losan merusak atap tempat usaha batu bata.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung I Putu Widiada mengungkapkan, cuaca ekstrem sejak Senin sore juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa. “Pohon tumbang paling besar itu ada di Lepang,” sebutnya.

Melihat dampak bencana tersebut, Widiada kembali mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Apabila ada pohon yang dinilai membahayakan agar disampaikan ke BPBD sehingga bisa dilakukan Langkah-langkah, sehingga tidak keburu tumbang.  “Kalau ada pohon yang perlu kami mitigasi duluan, biar diinformasikan duluan kepada BPBD. Sehingga bisa ambil Langkah-langkah, memotong dulu,” terang pejabat asal Tabanan ini. 

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news