Minggu, 07 Mar 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Cuaca Ekstrim, Sejumlah Pohon Tumbang di Gianyar

23 Februari 2021, 18: 58: 40 WIB | editor : Nyoman Suarna

Cuaca Ekstrim, Sejumlah Pohon Tumbang di Gianyar

TUMBANG : Sejumlah pohon tumbang yang terjadi di Gianyar akibat cuaca ekstrim. (IST)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Cuaca ekstrim yang melanda Gianyar dan sekitarnya mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Diantaranya terjadi di  Jalan Raya Yeh Tengah Bresela, Jalan Banteng Celuk, Lapangan Ubud, Setra Pejengaji Tegalalang, di Calo, dan Tampaksiring. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam sejumlah musibah tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Presasta menjelaskan bahwa pihaknya mencatat peristiwa pohon tumbang antara lain terjadi di Jalan Pudak Banjar Sangging, Desa Abianbase, Kecamatan Gianyar. Dimana pohon tumbang terjadi Selasa pagi (23/2) Pukul 07.20 Wita. "Pohon tumbang menutupi badan jalan," ujarnya.

Ditambahkannya jika pohon yang tumbang ini memiliki panjang kurang lebih 5 meter, dan diameter kurang lebih 30 cm. Selain itu. sebuah pohon Suar dengan panjang kurang lebih 10 meter dan diameter diameter 40 sentimeter juga tumbang pukul 05.51 Wita di sebelah Timur SPBU Lebih di Jalan Baypas Ida Bagus Mantra.

"Juga ada pohon Boni dengan panjang kurang lebih 10 meter dan diameter 40 sentimeter yang tumbang pukul 07.05 Wita dan menghalangi Jalan Banteng Celuk Buruan Blahbatuh Gianyar, " imbuhnya.

Tak hanya itu saja, sebuah pohon albesia dengan panjang kurang lebih 15 meter dan diameter kurang lebih 2 meter juga tumbang sekitar pukul 07.25 Wita dan menghalangi Jalan Laplapan Ubud, tepatnya disebelah Timur Hotel Maya Banjar Laplapan, Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

Sebuah pohon durian dengan panjang kurang lebih 14 meter, diameter kurang lebih 70cm tumbang pukul 09.29 Wita menimpa bangunan rumah atas nama Ida Bagus Made Artya, 65, di Banjar Griya, Desa Tampaksiring, Gianyar. "Kejadian ini menimbulkan kerugian material Rp 15 juta," sebutnya.

Atas kejadian tersebut tim TRC BPBD Gianyar yang terbagi dalam dua regu kemudian menangani pohon tumbang dengan bantuan mesin senso. "Hingga pukul 11.55 Wita pohon tumbang sudah dapat di bersihkan," pungkasnya. 

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news