Minggu, 07 Mar 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Anggaran Terbatas, Sejumlah Kegiatan di Disbud Gianyar Ditunda

23 Februari 2021, 19: 15: 46 WIB | editor : Nyoman Suarna

Anggaran Terbatas, Sejumlah Kegiatan di Disbud Gianyar Ditunda

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, I Gusti Agung Sri Widiawati (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Terbatasnya anggaran yang dimiliki Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar membuat sejumlah kegiatan tertunda di tahun 2021 ini. Diantaranya Festival Film Dokumenter Biografi yang rencananya akan diikuti oleh para generasi muda di Kabupaten Gianyar dengan tema penghormatan terhadap seniman Gianyar.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, I Gusti Agung Sri Widiawati mengatakan bahwa sejatinya festival tersebut telah dalam tahap persiapan. Dimana rencananya akan digelar secara online mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. "Bahkan sudah dilakukan Technical Meeting (TM), dan persiapan kita lakukan sejak bulan Januari sampai Februari," ujarnya Selasa (23/2).

Sayangnya pada tanggal 13 Februari 2021 lalu terbit Surat Edaran (SE) dari Sekda Gianyar untuk menindaklanjuti arahan Bupati Gianyar berkaitan dengan situasi pandemi Covid-19. Sehingga pihaknya pun terpaksa menunda sementara pelaksanaan festival tersebut. "Tidak hanya kegiatan festival ini, tapi semua kegiatan ditunda untuk sementara waktu, sampai situasi kembali normal," imbuhnya.

Apalagi kata dia, anggaran saat ini diprioritaskan untuk pembayaran listrik, air dan gaji pegawai. Sehingga sejumlah kegiatan memang tidak bisa digelar di tahun 2021 ini akibat adanya refocusing anggaran. "Itu pun selalu meminta persetujuan dari Pak Bupati melalui Pak Sekda," lanjutnya.

Di tahun 2021 ini hanya ada beberapa kegiatan saja yang bisa digelar, yakni Bulan Bahasa Bali sesuai arahan dari Gubernur Bali. Dan atas ditundanya festival film dokumenter tersebut, pihaknya pun telah memberitahukan kepada seluruh peserta yang sangat antusiasi mengikuti kegiatan tersebut. Dari kuota 100 peserta, sudah ada 30 peserta yang mendaftarkan diri. "Disamping itu, kami ikut merasakan situasi pandemi ini. Masalah besar kecilnya dana, dana tidak ada," sambungnya.

Selain festival film dokumenter, kegiatan lainnya yang juga ditunda adalah pembinaan terkait Pesta Kesenian Bali (PKB). Dimana saat ini untuk pelaksanaan PKB pihaknya masih menunggu arahan dari Bupati Gianyar. Namun dipastikan akan digelar secara virtual. 

Saat ditanya apakah kegiatan tidak bisa digelar dengan menggunakan sponsor? Ia menegaskan jika pihaknya bekerja sesuai DIPA. "Kalau di desa silahkan, mereka masing-masing bisa buat kegiatan. Kalau kita bekerja sesuai DIPA," tandasnya.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news