Minggu, 18 Apr 2021
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Ketua DPRD Buleleng Ajak Masyarakat Taati Catur Brata Penyepian

12 Maret 2021, 18: 29: 43 WIB | editor : Nyoman Suarna

Ketua DPRD Buleleng Ajak Masyarakat Taati Catur Brata Penyepian

Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna (istimewa)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS - Pelaksanaan Hari Suci Nyepi di Kabupaten Buleleng tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada ogoh-ogoh pula yang biasanya menambah kesemarakan pelaksanaan Hari Suci Nyepi tahun 2021. Tahun ini pula merupakan kali kedua Bali melaksanakan penyepian tanpa ogoh-ogoh karena situasi pandemi. Pun demikian tak mengurangi makna dari pelaksanaan penyepian. 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna menyampaikan dalam situasi pandemi Covid-19 ini diharapkan masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas yadnya. "Kami selaku wakil rakyat, menghimbau kepada semua agar protokol kesehatan selalu diperhatikan. Terutama saat melakukan aktivitas yadnya, seperti melakukan tawur, atau yang lainnya. Agar tidak menimbulkan klaster upacara," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Supit ini pun meminta agar masyarakat dapat melakukan Catur Brata Penyepian. Seperti amati geni, amati leluungan, amati lelungaan dan amati karya. "Kami mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi 1943 untuk seluruh masyarakat Kabupaten Buleleng dan umat hindu semua. Kami harap Catur Brata Penyepian itu bisa dilaksanakan. Tidak menyalakan lampu atau berapi-api, tidak bekerja, tidak berpergian dan berpuasa," tegasnya.

Baca juga: Desa Adat Kota Tabanan Gelar Ritual Mapepada

Tak hanya itu Supit pun berharap dalam proses pelaksanaan Tawur Labuh Gentuh yang dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (13/3), selain sebgai rangkaian dari pelaksanaan Hari Suci Nyepi, juga diharapkan dapat menetralisir alam dari gangguan, baik itu secara niskala maupun virus yang saat ini tengah merajalela. "Dengan ini semoga semua dapat kembali normal dan masyarakat dapat beraktivitas seperti semula. Perekonomian bangkit, Pariwisata bangkit dan tidak ada lagi korban yang berjatuhan akibat Covid-19 ini. Jadi mari patuhi peraturan pemerintah debgan melaksanakan protokol kesehatan," tambahnya. 

(bx/dhi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news