Minggu, 18 Apr 2021
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese

Usadha Babahi (5) : Mantra Agar Babahi Pergi

29 Maret 2021, 08: 40: 59 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Usadha Babahi (5) : Mantra Agar Babahi Pergi

ilustrasi (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS-Beragam Babahi, mulai dari gejala, efek, cara mengobati, dan mantra untuk mengatasi akibat sakit karena dibuat oleh orang berniat jahat ini, akan dibeber lewat Usada Babahi.

Usada Babahi diserikan (dirilis bersambung) diambil dari Buku 'Berbagai Cara Pengobatan Menurut Lontar Usada, Pengobatan Tradisional Bali' yang ditulis oleh I Ketut Suwidja (1991).

Babahi yang paling sakti bernama Mas Rejek-Gumi, menimbulkan sakit yang berbeda-beda. Abdinya ada sebanyak 33, diantaranya Ki Geni-Sakti, Ki Mas Tarung, Ki Geni Murub, Ki Gringsir Wukir,  I Siwa Mageni, I Wuyp Geni, I Geni Makunda, I Kurab Kajang, I Tingkeb Gumi, I Getih Sabara. 

Baca juga: 60 Persen Pekerja Pariwisata The Nusa Dua Sudah Divaksin 

Mereka inilah dianggap sebagai punggawanya. Ada pengikutnya lagi masing-masing 11 orang. Apabila si dukun kurang mahir mengobati, penyakit itu bisa menyerang dirinya dan mereka pun sama-sama mati.

Obatnya, sarana : kulit pangi (Pangium edule Reimu Samydaceae) banci, trikatuka, beras merah, disembar seluruh tubuhnya. 

Pada setiap persendiannya. Sarana, abu dapur, belerang merah, inggu (Ruta angustifolia Pers Rutaceae), trikatuka, air kinangan berwarna merah, semua persendian diberi bedak. 

Obat pada mata dan hidung. Saranab: air seni kuda hitam, air seni kuda putih mulus, tahi kambing, tahi tikus, inggu (Ruta graveolens L.) terasi udang, jeruk purut (Citrus hytrix DC. Rutaceae), limao (Citrus Acida Roxb), ditiupkan pada mata dan hidung.

Jamu untuk diminum. Sarana : sasuru (Euphorbia barnhartii Croiz Euphorbiaceae), getah blatung gada (Calanus caesius BI), terusi (Cuprisulfat), air tuak manis, diminum, si sakit akan mencret sehari.

Mantra: Ih Akulah Sang Hyang Sapuh Jagat, berdiri ditengah, akulah durga-murti-wisesa, duh kalian babahi, semua kutu-kutu dalam tubuhku, yang dibuat oleh bala pasukanku, mundur kalian semua karena aku Sang Hyang Sapujagat, takut kamu pulang mengisap darah ibumu, mengisap darah ayahmu, pulang kau pulang, poma, 3 x Jem.

Mantra untuk sembar dan basma : Om akulah Sang Hyang Agni sabhuwana, menyala pada tubuhku, sang hyang pramawisesa berada pada persendian, inilah roh babahi, perbuatan segala yang mengerikan, mundurlah kamu menuju tubuh si (anu), karena aku sebagai gurumu jangan kamu berani kepadaku, karena akulah asal usulmu, karena aku Brahma Wisnu, kamu terbakar olehku, dihanyutkan oleh Guntur agung, engkau mati mendadak, pulang kamu pulang, mencari dirimu, balik pada dirimu, memakan dagingmu, mengisap darahmu, jangan lupa poma 3 x. 

(bx/wid/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news