Selasa, 20 Apr 2021
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese

Usadha Babahi (9) : 11 Duri dan Pucuk Tanaman

01 April 2021, 09: 03: 23 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Usadha Babahi (9) : 11 Duri dan Pucuk Tanaman

ilustrasi (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS-Beragam Babahi, mulai dari gejala, efek, cara mengobati, dan mantra untuk mengatasi akibat sakit karena dibuat oleh orang berniat jahat ini, akan dibeber lewat Usada Babahi.

Usada Babahi diserikan (dirilis bersambung) diambil dari Buku 'Berbagai Cara Pengobatan Menurut Lontar Usada, Pengobatan Tradisional Bali' yang ditulis oleh I Ketut Suwidja (1991).

Sesudah masasapan (mengucapkan doa), si sakit yang kena Babahi dirawat. Sarana : air sumber yang bersih dan suci (bisa jadi air hempul di Tampaksiring, nama ditulis seperti itu), air yang biasa tempat bersuci-suci (bisa jadi air pakrisan, nama ditulis seperti itu), air yang bisa tempat maruat. 

Baca juga: Sebelum Serang Mabes Polri, ZA Sudah Tulis Surat Wasiat

Duri-duri 11 macam, paling utama duri biaung sunda, dari kaliaga, terutama akar teratai, cempaka kuning, jepun, sekar sudamala, samsam (ramuan dari daun kayu khusus dengan beras, kunir, sedikit air).

11 pucuk, yang paling penting kemoning, dan dapdap, kayu joh, kayu jadma, temen, dapdap wong ini semua yang terpenting. Bija dibuat dari gabah padi gaga, beras merah, ketan hitam, injin, daksina gede genep 111, canang 6, uang sama-sama 11 kepeng, asep menyan majegawu, cendana untuk mengalahkan babahi. 

Mantra : Om Am brahma wisnu maheswaram, Aridewatamurti satyam. Atmaraksa sariranyam, Sarwa satru winasayam. Om Am Sarwa durga wimoksalam Sarwa kala yana baktyam, Sarwa satru sidya baktyam, Sarwa molah haru haram,Am Um Mam Phat suda ya namah.

(bx/wid/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news