Selasa, 20 Apr 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Tunggu Gedung Baru, RSUD Sanjiwani Siapkan 10 Ruang Isolasi ODGJ

05 April 2021, 16: 37: 42 WIB | editor : Nyoman Suarna

Tunggu Gedung Baru, RSUD Sanjiwani Siapkan 10 Ruang Isolasi ODGJ

Direktur RSUD Sanjiwani, dr. Ida Komang Upeksa. (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Pembangunan gedung baru yang belum rampung membuat RSUD Sanjiwani belum bisa melayani rawat inap untuk pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Namun pelayanan rawat jalan tetap berjalan seperti biasa.

Direktur RSUD Sanjiwani Gianyar, dr. Ida Komang Upeksa mengatakan bahwa pelayanan rawat inap untuk ODGJ di RSUD Sanjiwani belum bisa berjalan karena masih menunggu gedung baru rampung dibangun. "Jadi kita baru bisa melayani rawat jalan, dokter jiwa sudah melayani rawat jalan," tegasnya Senin (5/4).

Ditambahkannya jika gedung baru diprediksi rampung pada bulan Agustus 2021, sehingga bisa langsung dioperasikan. Dimana nantinya akan disediakan 10 ruangan khusus isolasi bagi pasien ODGJ. Teknisnya ODGJ yang mengidap gangguan jiwa berat akan dirawat di ruangan isolasi terlebih dahulu. "Dan jika pasien sudah membaik bisa dipindahkan di ruangan umum," lanjutnya.

Baca juga: WaRC Target Mampu Gaet Hibah Penelitian Internasional

Saat ini kata dia SDM yang dimiliki di RSUD Sanjiwani sudah siap melayani pasien ODGJ. Bahkan pihaknya telah memiliki Dokter Spesialis Kejiwaan. "Dan untuk tenaga perawat di tahun 2021 ini akan dilatih secara khusus dalam menangani pasien ODGJ," papar dr. Upeksa.

Sementara itu, kini RSUD Sanjiwani saat ini telah merawat beberapa orang pasien ODGJ. Namun pasien tersebut merupakan ODGJ yang kondisinya sudah tenang. 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Gianyar, I Wayan Karya mengatakan bahwa progress pembangunan gedung baru RSUD Sanjiwani saat ini telah mencapai 75 persen. "Saat ini pembangunannya sudah mencapai 75 persen," tegasnya. 

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news