Selasa, 20 Apr 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Ketua DPRD Klungkung Beberkan Manfaat Pusat Kebudayaan Bali

05 April 2021, 17: 56: 38 WIB | editor : Nyoman Suarna

Ketua DPRD Klungkung Beberkan Manfaat Pusat Kebudayaan Bali

Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom (I Made Mertawan/Bali Express)

Share this      

KLUNGKUNG, BALI EXPRESS- Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom kembali menegaskan dukungannya terhadap rencana pembangunan pusat kesenian Bali di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung. Gung Anom menilai banyak manfaat dari pusat kesenian Bali yang digagas Gubernur Bali I Wayan Koster itu.

Menurutnya, pembangunan tersebut merupakan langkah tepat untuk memuliakan kembali masa keemasan era Kerajaan Gelgel. Terutama bidang kebudayaan.  Ini juga menjadi ajang pendidikan untuk mengingatkan kembali para generasi muda. Khususnya di Klungkung bahwa pusat kebudayaan pernah ada di Bumi Serombotan-sebutan Kabupaten Klungkung, yakni zaman Kerajaan Gelgel.

Manfaat lainnya, menurut politikus PDIP itu, pusat kesenian Bali akan memberikan ruang kepada masyarakat Klungkung untuk tampil bidang seni dan budaya. Sehingga diharapkan menjadi motivasi bagi para generasi muda dalam meningkatkan kegiatan keseniannya di setiap desa adat.  Dengan adanya pusat kesenian juga secara otomatis angka pengangguran di Kabupaten Klungkung akan berkurang karena direkrut untuk bekerja di sana.  “Menjadi momentum masyarakat lokal untuk mendapatkan pekerjaan di kawasan pusat kesenian Bali ini,” ujar Gung Anom belum lama ini.

Baca juga: IDI Denpasar Sebut Penerima Vaksin Tetap Berpotensi Terpapar Covid-19

Yang tak kalah penting, lanjut ketua DPC PDIP itu, Pemkab Klungkung juga akan kecipratan pendapatan asli daerah dari segala aktivitas di kawasan tersebut. “Pembangunan pusat kesenian Bali di kawasan eks galian C Gunaksa akan mampu menghapus stigma negatif di kawasan tersebut, kini siap-siap akan disulap menjadi kawasan yang melestarikan hasil kebudayaan Bali,” tegasnya.

Sebelum membangun pusat kebudayaan Bali, sekarang sedang digarap normalisasi alur Tukad Unda yang berkaitan dengan lokasi pembangunan.  Anggarannya bersumber dari APBN. Dengan normalisasi itu, Gung Anom berharap resiko bencana bisa dihindari.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news