Selasa, 20 Apr 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Pemkot Denpasar Lakukan Terobosan Vaksinasi Berbasis Banjar

06 April 2021, 06: 55: 19 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Pemkot Denpasar Lakukan Terobosan Vaksinasi Berbasis Banjar

BANJAR : Salah seorang warga yang divaksin di Banjar Tengah Sesetan, Senin (5/4). (Agung Bayu/Bali Express)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Pemerintah Kota Denpasar terus menggenjot program vaksinasi kepada masyarakat. Dalam masa sekarang ini, Pemkot Denpasar masih fokus kepada para pelayan publik, sehingga ketika sudah tuntas, bisa dilanjutkan menyasar masyarakat umum. 

Seperti terobosan yang dilakukan yaitu vaksinasi berbasis banjar. Program ini dimulai Senin (5/4) dengan menyasar wilayah Denpasar Selatan sebagai destinasi awal. 

Lokasi yang dipilih adalah Kelurahan Sesetan, Kelurahan Panjer dan Desa Sidakarya dan jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Dan di hari pertama itu, salah satu lokasi pelaksanaan vaksinasi berbasis banjar ini dilakukan di Banjar Tengah Sesetan, dimana prosesnya dipantau langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara. 

Baca juga: Pemkot Denpasar Bersama OJK, Sinergikan Penyaluran KUR UMKM 

Menurut Jaya Negara, saat ini masyarakat Kota Denpasar sudah mulai jenuh dengan Covid-19. Oleh karena itu, pihaknya ingin mengejar target vaksinasi Covid-19. Terutama bagi para lansia yang masih di angka 44 persen yang perlu digenjot. Apalagi banyak lansia yang mengalami kendala, terutama orang yang mengantar ke fasyankes untuk divaksin, sehingga harus door to door ini. 

"Di satu sisi masyarakat sudah jenuh. Sehingga kami ingin mengejar vaksinasi sekarang. Kami ingin mengejar harapan pemerintah pusat agar Kota Denpasar bisa mengejar herd immunity 70 persen," kata Jaya Negara.

Sementara Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan, AA Ngurah Gede Dharmayuda mengatakan, untuk pelaksanaan vaksinasi di Banjar Tengah ini dilaksanakan selama tiga hari hingga 7 April. Dalam sehari, pihaknya menarget bisa memvaksin 250 sasaran. 

"Artinya, dalam tiga hari, minimal di Banjar Tengah ini bisa tervaksin sebanyak 750 sasaran," ujarnya. 

Adapun yang menjadi sasaran vaksinasi di Banjar Tengah, yakni pelayan publik yang ada di wilayah desa/kelurahan mulai dari kader posyandu, pacalang, tokoh agama, maupun guru, serta lansia. Sementara itu, untuk dosis vaksin yang disiapkan dalam satu banjar ini per harinya sebanyak 400 dosis.

Adapun syarat bagi penerima vaksin berbasis banjar ini, terutama bagi pelayan publik, baik itu guru, lansia, maupun pedagang yang berdomisili di tiga wilayah tersebut, bisa datang langsung dengan membawa E-KTP. Pihak desa maupun kelurahan juga sudah melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi ini.

Ada enam titik lokasi vaksinasi pada pelaksanaan pertama ini, yakni di Kantor Desa Sidakarya, Aula Poltekkes Denpasar, Banjar Tengah Sesetan, Banjar Pegok Sesetan, Wantilan Desa Adat Panjer serta Banjar Kaja Panjer. 

(bx/dip/rin/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news