Minggu, 18 Apr 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Tembok Ruko di Sukawati Ambles Setelah Diguyur Hujan, Dua Motor Rusak

07 April 2021, 16: 56: 07 WIB | editor : Nyoman Suarna

Tembok Ruko di Sukawati Ambles Setelah Diguyur Hujan, Dua Motor Rusak

LONGSOR : Tanah longsor yang menggerus senderan ruko di Jalan Bypass IB Mantra, Banjar Telabah, Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar, Rabu (7/4). (istimewa)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Musibah tanah longsor terjadi di Jalan Bypass IB Mantra tepatnya disebelah barat simpang Pantai Purnama memasuki Banjar Telabah, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Rabu (7/4) sekitar pukul 08.30 Wita.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkaan bahwa peristiwa itu bermula ketika pengontrak ruko, Michael Solo, 29, asal NTT, sekitar pukul 03.00 Wita mendengar suara gemuruh yang membuat dirinya terbangun. Setelah dicek keluar kamar, ia mendapati tembok pembatas bangunan rebah ke arah barat sehingga menutupi saluran pembuangan air yang mengarah ke Pantai Purnama. Disamping itu, dua unit sepeda motor milik saksi pun tertimbun longsoran. Tembok bangunan yang ada di TKP pun retak akibat tanah pondasi yang bergeser.

Dan bangunan yang ada di TKP Temboknya mengalami retak retak diakibatkan tanah pondasinya bergeser. Bangunan ruko itu sendiri milik dari I Made Darmayasa, 57, asal Banjar Lebih Beten Kelod, Desa Lebih, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, yang dikontrak oleh saksi.

Baca juga: Jalan Kaki, Lansia Diseruduk Pikap di Tukad Balian

Kapolsek Sukawati AKP I Made Ariawan P. yang dikonfirmasi terpisah membenarkan perihal peristiwa tersebut. Dirinya mengatakan bahwa jebolnya tembok pembatas bangunan sepanjang 15 meter tersebut langsung menimbun dua unit sepeda motor saksi masing-masing Shogun Dk 6698 ED dan Kymco DK 3034 EED sehingga menyebabkan kedua kendaraan mengalami rusak ringan. Korban pun diperkirakan mengalami kerugian mencapai Rp 70 Juta.  "Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material saja. Kendaraan saksi berhasil dievakuasi dengan bantuan warga sekitar," tegasnya.

Dan setelah turun ke lapangan pihaknya menduga jika jebolnya tembok pembatas bangunan itu disebabkan oleh meluapnya air parit yang menggenangi areal ruko tersebut. Dimana sebelumnya terjadi hujan deras disertai angin kencang di wilayah Gianyar. "Dan saat ini sedang dilakukan upaya untuk membersihkan material yang menutupi saluran pembuangan air yang mengarah ke Pantai Purnama," tandasnya. 

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news