Selasa, 20 Apr 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Angin Kencang Terjang Klungkung, Sejumlah Bangunan Rusak

07 April 2021, 21: 29: 43 WIB | editor : Nyoman Suarna

Angin Kencang Terjang Klungkung, Sejumlah Bangunan Rusak

LANGSUNG TURUN: Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta langsung turun ke lapangan mengecek kerusakan bangunan akibat angin kencang, Rabu (7/4) malam (Istimewa)

Share this      

SEMARAPURA, BALI EXPRESS- Angin kencang terjadi di beberapa wilayah di Klungkung, Rabu (7/4).  Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan bangunan rusak. Kejadian itu pun membuat warga panik, bahkan sempat terdengar suara kulkul (kentongan).

Informasi yang didapat Bali Express (Jawa Pos Group) angin kencang terjadi sekitar pukul 19.00. Berdasarkan data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung, angin kencang mengakibatkan pohon tumbang menimpa dua unit truk di Terminal Galiran. Selain itu sejumlah pohon tumbang juga menimpa rumah di beberapa titik di Jalan Srikandi, Jalan Kresna dan lainnya.  Pohon tumbang juga mengganggu lalu lintas di beberapa jalur. “Genteng rumah warga banyak beterbangan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada.  

Ia menyebutkan, angin kencang membuat warga di salah satu banjar sampai membunyikan kentongan untuk memberitahu warga bahwa terjadi bahaya. Sehingga bisa lebih waspada. “Kami masih melakukan pendataan, berapa yang rusak dan kerugiannya,” sambung Widiada dikonfirmasi Rabu malam.

Baca juga: Perumda TAB Siagakan 15 Petugas Selama Galungan dan Kuningan

Angin Kencang Terjang Klungkung, Warga Nepak Kulkul Bulus (Istimewa)

Untung Rudianto,53, salah seorang warga yang tinggal di Jalan Srikandi, Semarapura mengatakan, angin kencang itu membuat warga ketakutan.  Tidak hanya kencang, namun juga terdengar aneh. Angin berhembus seperti puting beliung. Sempat terdengar petir. Hal itu membuat ia dan warga lainnya sempat tidak berani keluar rumah. Untung pun hanya bisa berdoa agar semua selamat. “Sekitar 15 menit itu anginnya kencang sekali, suaranya aneh,” ujar Untung.

Setelah angin tak berhembus kencang, warga ramai-ramai keluar rumah. Ternyata banyak pohon tumbang, sejumlah rumah rusak karena tertimpa pohon. “Genteng rumah warga saya lihat banyak lepas,” tutur Untung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang sempat keliling setelah terjadi angin kencang mengatakan, sejumlah bangunan roboh.  Ia mengimbau masyarakat tetap waspada, karena kecepatan angin belum bisa diprediksi pergerakannya. “Mudah-mudahan kita semua selamat,” ujar Suwirta saat live di akun facebook-nya.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news