Selasa, 20 Apr 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Sidak Rutan Negara, Petugas Gabungan Temukan Puluhan Sajam

08 April 2021, 07: 54: 56 WIB | editor : Nyoman Suarna

Sidak Rutan Negara, Petugas Gabungan Temukan Puluhan Sajam

TERLARANG: Barang bukti senjata tajam berbagai jenis yang ditemukan petugas gabungan saat melakukan sidak sel warga binaan di Rutan Kelas IIB Negara, Selasa (6/4) malam. (Istimewa)

Share this      

NEGARA, BALI EXPRESS - Petugas gabungan melakukan penyisiran ke seluruh sel warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Negara, Selasa (6/4) malam. Dalam kegiatan itu, puluhan senjata tajam (sajam) disita petugas gabungan dari TNI-Polri, BNNK Jembrana, Kesbangpol Jembrana serta petugas Rutan Negara.

Kepala Rutan Kelas II B Negara Bambang Hendra Setyawan mengatakan, kegiatan itu merupakan kegiatan rutin selain juga dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke- 57 tahun 2021 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. “Ini rutin Kami laksanakan guna meningkatkan kewaspadaan, deteksi dini dan mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban dalam rutan,” ujarnya.

Dari pantauan Bali Express (Jawa Pos Group), penyisiran diawali di blok warga binaan pria, dilanjutkan kemudian menyisir blok wanita. Sebelum pengeledahan, warga binaan dikeluarkan untuk dilakukan pemeriksaan badan, termasuk melakukan penggeledahan barang dalam ruangan. Dari hasil penggeledahan, petugas tidak menemukan narkoba maupun minuman beralkohol. “Namun petugas menemukan sejumlah sajam yakni cutter, pisau cukur, paku, gergaji kecil serta barang lainnya,” ujar Hendra Setyawan.

Baca juga: Tak Terima Disalip, Pukul dan Seret Lansia Pensiunan TNI

Masih menurut Hendra, sejumlah napi yang menyimpan jenis sajam mengaku jika barang itu mereka buat sendiri dari plat untuk dipakai membuat kerajinan dari kertas koran. Apapun alasannya, barang-barang itu tetap akan dimusnahkan, pemiliknya juga akan diberikan pembinaan. “Nanti kami akan lakukan pengawasan dan antisipasi lagi terhadap warga binaan,” pungkasnya.

(bx/tor/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news