Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Hiburan
icon featured
Hiburan

Celekontong Mas Garap Pan Balang Tamak, Segera Hadir di DNA

16 April 2021, 17: 40: 14 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Celekontong Mas Garap Pan Balang Tamak, Segera Hadir di DNA

PAN BALANG TAMAK : Audensi Celekontong Mas dengan Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, Jumat (16/4) terkait rencana penayangan film bertajuk Pan Balang Tamak di DNA, Mei mendatang. (Humas Pemkot Denpasar for Bali Express )

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Bali memiliki sebuah cerita rakyat yang begitu melegenda, yakni Pan Balang Tamak. Cerita atau satua ini memiliki pesan moral yang begitu kental yang berhubungan dengan kehidupan sosial di masyarakat. Cerita Pan Balang Tamak ini pun siap diangkat ke layar lebar oleh para seniman Bali.

Adalah seniman Trio Celekontong Mas siap memberikan sajian cerita Pan Balang Tamak ini lewat sebuah film yang siap diputar di teater mini Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Denpasar pada bulan Mei mendatang. 

I Komang Dedi Diana alias Tompel, salah satu pentolan Celekontong Mas menjelaskan bahwa lahirnya film Pan Balang Tamak ini sebagai salah satu strategi untuk bertahan di tengah pandemi. Di tengah pandemi, seniman menurutnya harus adaptif membuka peluang kegiatan secara digital, meningkatkan kolaborasi dan mengubah strategi komunikasi. 

Baca juga: Tidur, Upacara Hingga Melahirkan di Dapur bagi Pengantin Baru

Film Pan Balang Tamak yang terkenal akan kecerdikannya ini, dirasa pas untuk diangkat ke layar lebar dalam situasi seperti sekarang. Apalagi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Bali. 

"Dalam film ini, kami ingin menampilkan peran ganda dari masing masing pemain Celekontong Mas, baik sebagai tokoh bondres maupun sebagai tokoh peran dalam cerita itu sendiri. Saya berharap karya film perdana ini akan mendapat sambutan yang baik, khususnya bagi penggemar film, khususnya di Kota Denpasar," ucap Dedi Diana.

Sementara itu, terkait penanganan film ini di Gedung DNA nantinya, Celekontong Mas  telah melakukan audensi dengan Pemerintah Kota Denpasar. Dalam hal ini Wakil Walikota Kadek Agus Arya Wibawa pada Jumat (16/4) di Kantor Walikota Denpasar. 

Pemkot Denpasar siap mendukung seniman untuk terus berkarya di masa pandemi Covid-19. Wakil Walikota, Agus Arya Wibawa mengapresiasi karya film Pan Balang Tamak ini. Film menurutnya menunjukkan bahwa pandemi bukan suatu penghalang untuk melakukan kreativitas. Selain itu, film ini dapat menjadi edukasi pelestarian budaya tradisi yang dimiliki oleh Bali. 

“Pemkot Denpasar mengapresiasi dan mendorong hasil karya seni dari para seniman. Hal ini sesuai dengan komitmen dan visi kami menjadikan Denpasar Kota yang berbasis budaya. DNA akan kami jadikan pusat penampilan hasil karya seni dari para seniman," ucap Arya Wibawa. 

Sedikit mengenai cerita Pan Balang Tamak ini. Sosok Pan Balang Tamak tersebut merupakan tokoh yang belum tentu benar adanya. Pan Balang Tamak disebutkan salah satu sosok warga yang konon katanya pernah hidup dan tinggal di sebuah desa di Karangasem.

Namun, cerita Pan Balang Tamak mengandung nilai-nilai luhur dalam pergaulan hidup di Bali, mengenai tatanan masyarakat sebagai makhluk sosial yang dibalut dengan cerita jenaka. 

(bx/dip/rin/JPR)

 TOP