Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese

Lahir Saat Soma Pamacekan Agung, Wajib Ruwatan Bayuh Melik

20 April 2021, 07: 27: 10 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Lahir Saat Soma Pamacekan Agung, Wajib Ruwatan Bayuh Melik

Putu Agus Panca Saputra alias Jro Panca. (Putu Mardika/Bali Express)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS - Lima hari pasca Buda Kliwon Dunggulan atau Galungan, umat Hindu mengenal dengan istilah Soma Pamacekan Agung. Hari yang jatuh saat Soma Kliwon Wuku Kuningan ini, dianggap hari keramat bagi umat Hindu, khususnya di Bali. 

Selain dianggap sebagai hari keramat bagi umat Hindu di Bali,   Soma Pamacekan Agung memiliki vibrasi yang kuat bagi mereka yang lahir di hari tersebut. Lalu, apa yang harus dilakukan bagi orang yang lahir saat Soma Pamacekan Agung?

Penekun spiritual Putu Agus Panca Saputra atau Jro Panca, mengatakan, kelahiran saat Soma Pamacekan Agung dianggap lebih berat dibandingkan yang lahir saat Tumpek Wayang.

Baca juga: Soma Pamacekan Agung, Leak Kumpul Bahas Tumbal dan Hukuman  

Bagi anak yang terlahir saat Soma Pamacekan Agung, maka diwajibkan menghaturkan upacara ruwatan Bayuh Melik yang dilaksanakan cukup sekali dalam seumur hidupnya. 

Sarana yang digunakan diantaranya banten tebasan Atma Rauh, Sasayut Kala Lara Melaradan, Sasayut Pangalangati, Sasayut Papaga Puuh, dan Salaran Gede. Ada pula sarana ayam selem (hitam) sepit gunting (ayam remaja). “Jadi itu dilakukan di Pura Dalem dengan membawa tirta Kamulan. Setelah ritual berjalan, kemudian ayam hitam itu disambleh. Dengan harapan agar aura negatif dari si anak yang lahir saat Soma Pamacekan Agung berpindah ke ayam,” katanya.

Ia menyebut, orang yang terlahir saat Soma Pamacekan Agung diyakini memiliki energi yang cukup besar. Jika salah mengarahkan, dikhawatirkan perbuatannya akan lebih condong ke arah negatif. 

“Kelahiran saat Soma Pamacekan Agung itu ibarat magnet. Kalau pasir yang menempel tentu tidak bagus. Yang diharapkan mampu menarik rezeki, hal positif. Sehingga upacara Bayuh Melik ini bisa menunjukkan vibrasi yang positif bagi si anak,” pungkasnya. 

(bx/dik/rin/JPR)

 TOP