Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Disdikpora Sudah Ajukan Rehab Gedung Miring SDN 2 Dangin Puri 

20 April 2021, 17: 31: 31 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Disdikpora Sudah Ajukan Rehab Gedung Miring SDN 2 Dangin Puri 

MIRING : Kepala Sekolah SDN 2 Dangin Puri, I Made Nata menunjukkan kondisi gedung sekolah yang rusak. Gedung ini juga terancam roboh karena tanahnya miring berdasarkan kajian dari Dinas PUPR Kota Denpasar, belum lama ini. (Krisna Pradipta/Bali Express)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESA- Kondisi sebagian Gedung SDN 2 Dangin Puri, Denpasar yang miring lantaran gempa tahun lalu,  langsung mendapat perhatian khusus untuk segera mendapatkan perbaikan.

Plt Kepala Disdikpora Kota Denpasar, AA Made Wijaya Asmara mengatakan, Selasa (20/4), pihaknya sudah mengajukan untuk dilakukan perehaban gedung SDN 2 Dangin Puri, Denpasar.

Untuk saat ini, lanjutnya, prosesnya masih dalam tahap penghapusan aset. Sebab, untuk membangun gedung baru dengan konsep bertingkat seperti saat ini diwajibkan berlantai tiga. Maka, gedung lama harus melakukan penghapusan aset. Setelah itu, akan dibuatkan berkas aset baru.

Baca juga: Gedung Sekolah SDN 2 Dangin Puri Miring, Aktivitas Ditiadakan

"Sudah di proses, tetapi sekarang masih dalam proses pemutihan. Selain SDN 2 Dangin Puri, ada lagi yang lain yang diajukan. Proses pembangunan masih menunggu penghapusan aset di Badan Pengelola Aset Daerah (BPKAD) Kota Denpasar," jelasnya.

Sementara dalam zoom meeting Selasa (20/4), Disdikpora Kota Denpasar juga membahas belasan sekolah yang mendapat rehab tahun ini. Sekolah-sekolah tersebut yakni SDN 13 Dauh Puri, SDN 8 Pemecutan, SDN 8 Peguyangan, SDN 7 Sumerta, SDN 10 Dauh Puri, SDN 10 Peguyangan, SDN 12 Kesiman, SDN 23 Dauh Puri, SDN 17 Padangsambian, SDN 6 Sumerta, SDN 14 Kesiman, SDN 17 Pemecutan. Sementara ada dua sekolah yang juga direhab, namun SDN 2 Dangin Puri dan SDN 12 Peguyangan, anggarannya berasal dari pemerintah pusat. 

Memang ironis, di tengah pusat kota Denpasar, masih saja terdapat infrastuktur yang masih belum tersentuh pembangunan ataupun peremajaan sepenuhnya. Seperti gedung sekolah di SDN 2 Dangin Puri Denpasar yang salah satu gedung sekolahnya berlantai dua mengalami kerusakan. Bahkan, tanahnya ditenggarai telah miring berdasarkan kajian dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar. 

Gedung sekolah yang berlokasi di Jalan Veteran dan letaknya sangat dekat dengan Puri Satria dan juga Kantor Walikota Denpasar ini, gedung di sebelah selatan mengalami kerusakan. Bahkan, segala aktivitas di gedung tersebut sudah tidak diperkenankan untuk dilakukan, karena dikhawatirkan saat kegiatan berlangsung, terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Kepala Sekolah SDN 2 Dangin Puri, I Made Nata saat ditemui di sekolah setempat, Selasa (20/4) mengatakan, kejadian ini berawal ketika ada gempa cukup besar yang melanda Bali tahun lalu. Setelah dicek, salah satu tembok di bagian barat dari gedung ini jebol. "Tapi masih kami anggap hanya jebol biasa," ungkap Made Nata. 

Namun, lama kelamaan, didapati kerusakannya malah merembet sampai ke timur. Ditambah lagi bagian atap sekolah di lantai satu, juga temboknya beberapa rontok. Hal inipun segera dilaporkan kepada pihak Disdikpora Denpasar, yang kemudian diteruskan ke Dinas PUPR Kota Denpasar yang selanjutnya melaksanakan tindak lanjut masalah ini.

(bx/dip/rin/JPR)

 TOP