Minggu, 09 May 2021
baliexpress
Home > Kolom
icon featured
Kolom

Urusan Perizinan, KPK Korwil IX Sebut Denpasar Melebihi Ekspektasi

30 April 2021, 04: 40: 31 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Urusan Perizinan, KPK Korwil IX Sebut Denpasar Melebihi Ekspektasi

NILAI TINGGI : Satgas Pencegahan KPK Korwil IX menyebut nilai MCP dan Korsupgah Denpasar tinggi, usai melakukan penilaian di GSD Lumintang, Kamis (29/4). (Agung Bayu/Bali Express)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Korwil IX memberikan penilaian tinggi kepada Kota Denpasar dalam hal pelayanan perizinan kepada masyarakat. Bahkan, angkanya mencapai 91 persen untuk Monitoring Centre for Prevention (MCP) Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) tahun 2021.

Menurut Kepala Satgas Pencegahan KPK Korwil IX, Sugeng Basuki saat melakukan peninjauan di GSD, Lumintang, Kamis (29/4), tujuan pihaknya mendatangi Mal Pelayanan Publik Gedung Sewaka Dharma (GSD) Lumintang tersebut adalah untuk melihat perubahan dalam proses perizinan di Kota Denpasar. "Apakah sudah sesuai dengan arahan untuk proses perubahan perizinannya," ujar Sugeng Basuki.

Dari hasil pantauan pihaknya, nyatanya melebihi dari ekspetasi dari yang diharapkan. Pihaknya juga mengatakan sudah melakukan survei terkait pengurusan izin di Denpasar. 

Baca juga: Jumlah Pejabat Eselon IV yang Dihapus Belum Bisa Dipastikan

Dari tiga masyarakat yang ia tanyai, semua mengaku tidak ada kendala dalam pengurusan izin. Sebagai Kasatgas di wilayah IX, dari semua yang ia datangi, Denpasar menurutnya yang paling lengkap. "Semua MPP mulai dari Papua sampai Bali sudah kami datangi. Dan kami temukan Denpasar adalah yang terlengkap," tegasnya. 

Menurutnya, tidak mudah memperoleh nilai tersebut dan diharapkan dapat dipertahankan serta menjadi komitmen Pemkot Denpasar dalam peningkatan pelayanan publik yang ada.

Sementara itu, Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan, meskipun sudah mendapat apresiasi yang baik, namun pihaknya akan tetap melakukan peningkatan pelayanan. "Terlebih dalam era industri 4.0 ini, kami akan terus berupaya memaksimalkan pelayanan publik. Tentu akan selalu ada kekurangan, sehingga kami akan melengkapi kekurangan tersebut," ujar Jaya Negara. 

Salah satu pelayanan maksimal kepada masyarakat, kata Jaya Negara, Pemkot Denpasar menjalin kerjasama dengan ojek online dalam pengiriman atau pengantaran berkas. Supaya, masyarakat bisa lebih dimudahkan, terlebih saat masa pandemi seperti sekarang.

Nilai capaian dari MCP oleh KPK RI kepada Pemkot Denpasar yang nantinya dapat dilakukan pendampingan, monitoring dan evaluasi, untuk dapat melakukan perbaikan-perbaikan kedepan dalam peningkatan pelayanan publik yang baik, untuk kesejahteraan masyarakat. 

Dalam pelayanan juga dibingkai dengan moto pelayanan Sewaka Dharma, yakni melayani adalah kewajiban dengan spirit Vasudaiva Kutumbakam (manyama braya).  

"Semoga dengan kehadiran Tim KPK RI di Kota Denpasar mampu memberikan bimbingan hingga nantinya mampu meningkatkan program Pemkot Denpasar kedepan dan dapat terlaksana dengan baik," tandas Jaya Negara. 

(bx/dip/rin/JPR)

 TOP