Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Parta Fokus Bantu Pengembangan UMKM di Bali

01 Mei 2021, 01: 30: 59 WIB | editor : I Putu Suyatra

Parta Fokus Bantu Pengembangan UMKM di Bali

BIMTEK: Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta saat melakukan kunjungan di Gianyar. (antara)

Share this      

JAKARTA, BALI EXPRESS - Pengembangan Usaha Kecil Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bali menjadi perhatian Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta. Bahkan anggota DPR RI asal Guwang, Sukawati, Gianyar, Bali, ini sekarang fokus membantu sektor ini saat pandemic Covid-19.  

Hal itu dilakukan karena menurutnya sektor UMKM di Bali telah terbukti dan teruji sebagai penyangga perekonomian selama pandemic Covid-19. Apalagi Bali yang selama ini mengandalkan pariwisata sangat terdampak pada masa pandemi ini.  

Menurutnya, pada masa pandemi seperti sekarang ini, semua sektor perekonomian sangat terdampak. Hanya sektor UMKM dan pertanian yang masih bisa jalan. Untuk itulah, dia saat ini fokus membantu sektor ini.

Baca juga: Peserta Membludak, PPBI Gianyar Akan Gelar Kontes Bonsai Internasional

Dijelaskan, ada beberapa UMKM yang telah dibina Patra menampakan hasil selama masa pandemi. Misalkan UMKM pejahit, peternak lebah, pembuatan kripik, hingga peracikan kopi.

Selanjutnya, wakil rakyat dari PDI Perjuangan ini mencoba memasarkan produk-produk hasil UMKM lewat media digital.

"Karena di era pandemi ini digital marketing menjadi alat penting agar produk UMKM bisa berkembang menjadi lebih pesat dan lebih dikenal masyarakat," kata anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dalam kunjungannya di Bali, I Nyoman Patra melaksanakan kegiatan bimbingan teknik yang diselenggarakan melalui Kementerian Perindustrian RI, yang dilaksanakan 25-28 April 2021.

Bimtek itu bertema "Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Gianyar", yang mencakup 3 pelatihan yaitu anyaman sandal, peracikan kopi dan service AC.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar Ni Luh Gede Eka Suari berpendapat selama menjadi wakil rakyat, I Nyoman Patra telah memberikan tiga kali bimbingan teknis kepada IKM di Kabupaten Gianyar.

"Bimtek ini sangat dibutuhkan masyarakat di masa pandemi saat ini, namun setelah pelaksanaan bimtek diharapkan ke depan ada bantuan marketing dan permodalan bagi IKM yang telah dibina," ujarnya.  (ant)

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP