Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Wujud Ketahanan Pangan, Desa Mas Tanam 3.000 Bibit Tanaman Horti

02 Mei 2021, 15: 21: 33 WIB | editor : Nyoman Suarna

Wujud Ketahanan Pangan, Desa Mas Tanam 3.000 Bibit Tanaman Horti

TANAM : Penanaman bibit tanaman pangan dan bunga di Puspa Aman Banjar Tarukan Desa Mas Kecamatan Ubud, Jumat (30/4). (istimewa)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Sebanyak 3.000 bibit tanaman hortikultura ditanam di Kampung Tangguh Dewata, Banjar Tarukan, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, Jumat (30/4). 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Gianyar,  Kadis PMD Kab Gianyar, Kepala BPD Cabang Ubud I Made Indra T, bersama Staf, PLT Camat Ubud, Kapolsek Ubud AKP I Made Tama, serta seluruh Perbekel dan Lurah di Kecamatan Ubud, para Bendesa Adat Mas, seluruh Bhabinkamtibmas wilayah Kecamatan Ubud, seluruh Kelian Dinas Desa Mas, PKK, BNR dan undangan lainnya.

Perbekel Desa Mas Made Darmayuda menyampaikan ungkapan terima kasihnya atas kehadiran dari tamu undangan dalam kegiatan tersebut. 

Baca juga: Ini Imbauan PLN Bermain Layangan yang Aman

"Kegiatan ini diisi dengan penanaman bibit pohon bantuan dari BPD Bali dan bibit yang memang kita siapkan sendiri guna ketahanan pangan di masa pandemi bersama PUSPA AMAN Desa Mas. Nantinya apa yang kami bibitkan disini juga akan diserahkan kepada warga untuk membangun ketahanan pangan di rumah masing-masing," paparnya.

Puspa Aman ini kata dia, diproyeksikan menjadi program berkelanjutan ketahanan pangan pedesaan. Dimana pihaknya juga telah melakukan program tebar ikan di sungai dan berhasil mengedukasi warga agar tidak buang sampah sembarangan. "Bonusnya, ikan nila yang kami tebar Tahun 2019 lalu sudah bisa dipanen. Bahkan ikan-ikan ini sudah berkembangbiak jadi banyak, kami khusus buatkan kolam pembibitan," sambungnya.

Dan saat nantipariwisata pulih, Puspa Aman ini juga akan membuka kelas memasak atau cooking class. Saat ini sudah disiapkan beberapa dapur kecil dengan cara memasak tradisional menggunakan tungku dan kayu bakar. Menariknya lagi, Desa Mas melalui Pokdarwis juga sedang merancang dan mengembangkan objek wisata air Cebluk River Projek. "Wisatawan turun dari Beji Dalem, menyusuri sungai Cebluk sepanjang 600 meter naik di Puspa Aman. Lakukan Cooking class dan menikmati suasana asri. Sepanjang aliran, kami juga berencana mengukir relief pada tebing," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Kadis Ketahanan Pangan Gianyar menyampaikan apresiasinya sangat mengapresiasi Kepala Desa Mas dan relawan BNR, karena ini merupakan upaya yang sangat efektif karena merubah lahan yang tidak produktif menjadi produktif dan bersih. Untuk Ketahanan pangan di Desa Mas sudah dapat berjalan Namun perlu diperhatikan dalam pelaksanaan B2SA dengan tetap mengkonsumsi makanan yang sehat. Puspa Aman tujuannya adalah Pusat Pangan guna mendukung PKK dan nantinya kepala desa bersama BNR menyediakan Bibit Tanaman termasuk bibit ikan termasuk pengolahan yang akan mensejahterakan masyarakat.

Kapolsek Ubud AKP I Made Tama yang didampingi seluruh Bhabinkamtibmas se Kecamaan Ubud mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan ketahanan pangan di masa pandemi bersama PUSPA AMAN Desa Mas, Kecamatan Ubud. Dimana setidaknya ada 3.000 bibit tanaman hortikultura yang ditanam dan merupakan bantuan dari BPD Bali. "Kurang lebih 3.000 tanaman hortikultura yang kita tanam," ungkapnya.

Ia pun mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman bibit tanaman hortikultura ini yang nantinya sebagai ketahanan pangan di Masa Pandemi Covid-19. "Tak lupa juga saya selalu ingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam segala kegiatan mari wujudkan Ubud bebas Covid- 19," tandasnya.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP