Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis
DKI JAKARTA

Lebih dari 100 Ribu Orang ke Pasar Tanah Abang, Ini Rencana Anies

02 Mei 2021, 20: 55: 28 WIB | editor : I Putu Suyatra

Lebih dari 100 Ribu Orang ke Pasar Tanah Abang, Ini Rencana Anies

PADAT: Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang untuk berbelanja pakaian di Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021). (antara)

Share this      

JAKARTA, BALI EXPRESS - Lebih dari 100 ribu orang mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta, akhir pekan ini. Hal itu disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Minggu (2/5). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyebutkan terjadi lonjakan lebih dari dua kali lipat.

"Hari Sabtu terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35 ribu jadi 87 ribu orang. Dan hari ini (Minggu),  data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu pengunjung," kata Anies di Pasar Tanah Abang.
Dari jumlah tersebut, sentengahnya dating dan pulang menggunakan kereta api. Ini mengakibatkan kerumunan di Stasiun Tanah Abang.

"Kemarin kereta api 45 ribu (orang), jadi hampir separuh menggunakan kereta api," katanya.

Baca juga: Gede Dana Janji Tertibkan Arak Gula

Melihat situasi itu, Pemprov DKI akan melakukan rekayasa jam operasional Pasar Tanah Abang dengan sebagian pasar tutup pada pukul 16.00 WIB dan sebagian lagi tutup pada pukul 17.00 WIB. Itu dilakukan karena salah salah satu penyebab meningkatnya pengunjung Pasar Tanah Abang adalah jam tutup yang bersamaan. Karena itu Anies menilai pengaturan jam operasional tersebut diperlukan.


"Situasi di pasar ini jam kedatangan orang berbeda-beda ada yang pagi dan siang tapi jam pulangnya bersamaan," ujar Anies.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pengelola kereta api untuk membatasi kerumunan di Stasiun Tanah Abang dan Pasar Tanah Abang.  PT KAI rencananya akan meniadakan keberangkatan dan pemberhentian kereta di Stasiun Pasar Tanah Abang pada pukul 15.00 sampai 19.00 WIB.

Sementara Polda Metro Jaya bersama TNI telah mendirikan posko pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebanyak 2.500 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengawasi protokol kesehatan dan mengantisipasi lonjakan pengunjung di Pasar Tanah Abang. (ant)

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP