Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Lemas dan Cemas, Tiga Nelayan Terombang-Ambing Berhasil Diselamatkan

02 Mei 2021, 21: 18: 16 WIB | editor : Nyoman Suarna

Lemas dan Cemas, Tiga Nelayan Terombang-Ambing Berhasil Diselamatkan

EVAKUASI: Basarnas berhasil evakuasi 3 nelayan yang mesin jukungnya mati di tengah laut. (istimewa)

Share this      

BADUNG, BALI EXPRESS – Melaut memang memiliki resiko yang tinggi terhadap keselamatan. Seperti yang dialami oleh tiga orang nelayan asal Denpasar yang diketahui bernama Purnomo, 29, Budiana, 41 dan Tedy, 53, saat berlayar di Pantai Geger, Nusa Dua, Minggu (2/5).

Mereka nyaris dalam bahaya lantaran mesin jukung yang ditunggangi mengalami gangguan dan mati seketika di tengah laut pukul 13.10, hingga membuat mereka sempat terombang-ambing. Beruntung, insiden itu disadari oleh pemilik jukung karena jukungnya tidak kunjung kembali. 

Pemilik jukung kemudian melapor ke Badan Pertolongan dan Pencarian Nasional (Basarnas) Bali sekitar satu jam setelahnya. Diperkirakan saat itu, posisi jukung berada di selatan Uluwatu. “Kami awalnya menerima informasi dari pemilik jukung sekitar pukul 14.20 untuk meminta bantuan pencarian,” tandas Gede Darmada selaku Kepala Basarnas Bali. 

Baca juga: Bejat! Pelaku Ancam Sebar Foto Bugil Korban Pemerkosaan di Lodtunduh

Menindaklanjuti hal itu, sebanyak 9 orang rescuer dikerahkan menuju pelabuhan Benoa untuk berangkat menuju lokasi yang diperkirakan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB) pukul 14.40. Berselang beberapa saat kemudian, mereka berhasil ditemukan. “Tim menemukan target pada posisi 8°49’217”S-115°13’521”E,” ucapnya.

Mereka berhasil dievakuasi oleh petugas dalam keadaan selamat sekitar pukul 15.05. selanjutnya, para nelayan yang selamat dari bahaya ini dibawa menuju Pelabuhan Benoa beserta jukungnya. “Ya mereka dalam keadaan selamat, namun mereka sedikit lemas dan cemas,” tutupnya. (ges)

(bx/aim/man/JPR)

 TOP