Senin, 14 Jun 2021
baliexpress
Home > Balinese
icon featured
Balinese

Usada Rare (6) : Bayi Seperti Mimpi, Lalu Terkejut

03 Mei 2021, 12: 18: 12 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Usada Rare (6) :  Bayi Seperti Mimpi, Lalu Terkejut

ilustrasi (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS-Beragam masalah kesehatan, mulai dari gejala, efek, cara mengobati, dan sarana untuk mengatasi sakit dari usia bayi sampai anak-anak, dibeber lewat Usada Rare. 

Usada Rare diserikan (dirilis bersambung) diambil dari Buku 'Berbagai Cara Pengobatan Menurut Lontar Usada, Pengobatan Tradisional Bali' yang ditulis oleh I Ketut Suwidja (1991).

Bayi nguwus (seperti mimpi lalu terkejut). Sarana : putik pohon canging (Erythirina ovalifolia Rocb), rumput lepas, adas, untuk mengurut dan ditempelkan di ubun-ubun dan seluruh tubuh diberi bedak. 

Baca juga: Tradisi Ngerebong, Kisah Jangkrik Banaran Melawan Kerajaan Sasak

Sarana lainnya : kapkap bertemu ruas, dirajah Ang Ung, Mang, pucuk muda pohon canging (Erythirina ovalifolia Rocb), rumput lepas, kencur jantan, bayi diberi pupuk.

Bayi nguwus. Sarana : nagasari (Mesua ferra L.) sulatri, camplung (Calophyllum inophyllum L. Guttiferaceae) semua pucuknya yang muda, kalabet, dipipis, untuk pupuk dan terek (dioleskan di dahi). 

Bedaknya : dapdap muda dikerik, gamongan kecil. Bedak pada kaki. Sarana : buah sirih, maswi (Massoia aromatic Bell Lauranceae). Bedak lainnya : nagapuspa, camplung (Calophyllum inophyllyum L. Guttiferaceae), semua pucuk (daunnya, kulabet, dipipis untuk pupuk dan terek). Sarana lainnya : nagasari (Mesuaferrea L.) sulatri, camplung (Calophyllum inophyllyum L. Guttiferaceae), semua pada bagian pucuk daunnya, sulasih harum, kelabet, ditempelkan pada ubun-ubun.

Bayi sakit panas dan sawan (demam tinggi dan kesadaran seperti hilang). Sarana : uku-uku 3 pucuk, pullet (Saccopetalum horsfieldie L. Benn), 3 pucuk dipipis semua. Ubun-ubun diberi pupuk. Bedaknya : daun dapdap yang telah kuning, kencur.

Perut bayi gembung, disebut sarab angin. Sarana : daun adas, bawang merah, semua dipipis, diurapkan di perut. 

(bx/wid/rin/JPR)

 TOP