Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Features
icon featured
Features

Waspada! Dua Virus Covid-19 Varian Baru Ditemukan di Bali

04 Mei 2021, 16: 53: 13 WIB | editor : Nyoman Suarna

Waspada! Dua Virus Covid-19 Varian Baru Ditemukan di Bali

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya. (Gek Yuni/Bali Express)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS- Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyatakan pasien positif Covid-19 yang tertular varian baru virus corona B.1.351 dari Afrika Selatan saat ini sudah meninggal. "Pasien tersebut diketahui positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan sampel pada 25 Januari 2021," jelasnya melalui online press confrence Selasa (4/5).

Dilanjutkan Siti Nadia, kasus B.1.351 yang merupakan mutasi baru virus corona ditemukan di Bali. Temuan ini berdasarkan pengambilan spesimen (sampel) pada 25 Januari 2021, dan dalam perkembangannya WNI yang tertular virus Corona B.1.351 ini sudah meninggal dunia.

Terkat adanya kasus ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya membenarkan dsri data Kemeterian Kesehatan RI per Senin (3/5), di Bali telah ditemukan  2 orang  positif COVID- 19 yang terinfeksi varian baru mutasi virus COVID-19. "Satu orang mengalami positif akibat penularan varian baru dari Afrika Selatan dengan kode B.1.351, sedangkan satu orang positif akibat penularan varian baru dari Inggris dengan kode B.1.1,7," jelasnya Selasa (4/5) di Jayasaba Denpasar. 

Baca juga: Bale Panggungan Pura Arya Kebon Tubuh Terbakar

Diketahuinya adanya virus varian baru ini masuk ke Provinsi Bali karena Dinas Kesehatan telah mengirimkan beberapa sampel dari orang positif COVID-19 di RS Sanglah dan selanjutnya dilakukan pengujian oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dilanjutkan Suarjaya, satu orang yang positif COVID-19 dengan varian baru dari Afrika Selatan berjenis kelamin laki-laki (44th) berasal dari Kabupaten Badung, pasien meninggal ini memang belum mengikuti vaksinasi. 

Sedangkan satu orang lagi yang dinyatakan positif COVID-19 dengan varian baru dari Inggris adalah perempyan asal Kota Denpasar umurnya 24 tahun dan dinyatakan sembuh. Saat ini kondisinya sudah sehat dan sudah dipulangkan dari RSUP Sanglah. "Pasien yang sembuh ini, kebetulan telah mengikuti program vaksinasi sebanyak 2 kali," lanjutnya.

Terkait kasus ini, Dinas Kesehatan Provinsi Bali sedang melakukan penyelidikan Epidemiologi terhadap sejumlah orang yang melakukan kontak erat dengan korban sehingga akan diketahui potensi resiko penyebarannya secara detail dan lengkap.

(bx/gek/man/JPR)

 TOP