Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Pratima Pura Dadia Pasek Kayu Selem Hilang

04 Mei 2021, 17: 29: 13 WIB | editor : Nyoman Suarna

Pratima Pura Dadia Pasek Kayu Selem Hilang

OLAH TKP: Polisi melakukan olah TKP kasus dugaan pencurian di Pura Pura Dadia Pasek Kayu Selem, Banjar Penarukan, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli, Senin (3/5). (Istimewa)

Share this      

BANGLI, BALI EXPRESS- Dugaan pencurian pratima terjadi di Pura Dadia Pasek Kayu Selem, Banjar Penarukan, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli. Pratima berupa sebuah keris yang disimpan di meru pura setempat diketahui hilang, Senin (3/5). Saat ini kasusnya masih dalam penyelidikan Polsek Tembuku dibekap Satreskrim Polres Bangli.

Informasi yang dirangkum Bali Express (Jawa Pos Group), hilangnya keris itu diketahui pertama oleh seorang pamangku di pura setempat. Saat itu dia tengah bersih-bersih persiapan piodalan keesokan harinya. Ketika mengecek meru tumpang tiga tempat penyimpenan pretima, ternyata gembok sudah rusak seperti bekas dicongkel. Demikian pula dengan keris luk lima yang disimpan di sana sudah tidak ada.

Mendapati kejadian itu, pamangku ini langsung mengubungi warga lain, lanjut melapor ke Polsek Tembuku. Selain melaporkan kehilangan pratima, pamangku ini juga menceritakan bahwa sekitar dua bulan lalu sudah melihat pintu meru tumpang satu yang berdampingan dengan meru tumpeng tiga sedikit terbuka. 

Baca juga: Siap Layani Transgender, Disdukcapil Sebut Hanya Ada Dua Gender di KTP

Kapolsek Tembuku AKP I Gede Putu Raka Sujana membenarkan bahwa pratima yang hilang berupa keris dan diketahui pertama oleh seorang pamangku yang sedang bersih-bersih.  Maling mengambil barang tersebut dengan cara merusak kunci gembok meru. Saat ini kasusnya masih dalam penyelidikan. “Masih lidik ya,” jelas Raka, Selasa (4/5).

Sebagai antisipasi kasus serupa terjadi di tempat lain, pihaknya mengimbau masyarakat atau pangempon pura di wilayah Tembuku agar bersama-sama waspada. Salah satu caranya dengan mengaktifkan pakemitan di pura yang terdapat pratima atau memasang CCTV. “Tidak ada CCTV (di Pura Dadia Pasek Kayu Selem),” ungkapnya.

Sebelumnya, Polres Bangli dan Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Bangli sudah mengimbau masyarakat agar sebisa mungkin memasang kamera pemantau di pura yang terdapat pratima. Hal ini guna mengantisipasi kasus pencurian. Kalau toh terjadi bisa membantu polisi dalam melakukan penyelidikan.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP