Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Pemkot Mulai Vaksinasi Masyarakat Umum, Gunakan AstraZeneca 

04 Mei 2021, 18: 23: 46 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Pemkot Mulai Vaksinasi Masyarakat Umum, Gunakan AstraZeneca 

UMUM : Vaksinasi kepada masyarakat umum oleh Pemkot Denpasar ditarget hingga akhir Mei. Walikota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa saat meninjau vaksinasi di Sanur. (Humas Pemkot Denpasar for Bali Express )

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar kini mengarahkan sasaran vaksinasi kepada masyarakat umum. 

Kecamatan Denpasar Barat akan dimulai untuk pertama kalinya dan juga daerah penyangga green zone Sanur, seperti halnya Kelurahan Kesiman. Vaksinasi ini diperkirakan rampung hingga akhir Mei.

Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Selasa (4/5) mengatakan, masyarakat semua harus mendapat vaksinasi Covid-19. Artinya perlu kerjasama dan juga dukungan yang baik dari masyarakat, sehingga makin cepat, akan makin bagus. 

Baca juga: Buka Pariwisata, Dewan Ingatkan Warga Mesti Disiplin Dulu

Hingga saat ini, menurut Jaya Negara, masyarakat yang sudah tervaksin di Denpasar di atas 55 persen. Dimana dalam satu bulan ini pihaknya bisa melakukan vaksinasi untuk 100 ribu warga. 

“Kalau sebulan ini bisa mencapai 100 ribu orang, maka sudah melebihi target 70 persen, dan itu bisa 85 persen bisa selesai akhir Mei,” tegas Jaya Negara.

Sementara untuk jenis vaksin yang dipergunakan nanti  adalah AstraZeneca. Ditambahkannya, masih ada sebanyak 80 ribu sasaran dengan Sinovac yang belum mendapat vaksin dosis kedua. 

Oleh karenanya, pihaknya akan memfokuskan penggunaan Sinovac untuk dosis kedua. “Untuk sekarang, bagi masyarakat yang sudah berusia di atas 17 tahun akan langsung divaksin dengan AstraZeneca. Karena untuk vaksin Sinovac akan digunakan untuk vaksinasi dosis kedua,” imbuh jaya Negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Ni Luh Putu Sri Armini mengatakan, dalam sehari pihaknya menargetkan minimal 6.000 warga bisa tervaksin. Sedangkan untuk ketersediaan vaksin Covid-19 sudah mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi ini.

 “Kami sudah menerima 10 ribu dosis Sinovac dan hari ini 100 ribu dosis AstraZeneca. Sebelumnya memang sempat tersendat distribusinya, namun sekarang sudah mencukupi,” ujar Sri Armini.

Dijelaskannya juga, pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat umum di Denpasar Barat menyasar 11 desa/kelurahan, meliputi Kelurahan Dauh Puri, Desa Dauh Puri Kauh, Desa Dauh Puri Kangin, Dauh Puri Kelod, Kelurahan Pemecutan, Desa Pemecutan Kelod, Desa Padangsambian Kelod, Kelurahan Padangsambian, Desa Padangsambian Kaja, Desa Tegal Kerta, dan Desa Tegal Harum. 

“Sasarannya adalah masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun. Termasuk kami akan menyasar lansia dan pelayan publik yang masih tercecer,” katanya.

Untuk tempat pelaksanaan vaksinasi ditentukan oleh masing-masing desa sesuai tingkat kepadatan penduduknya. Sementara tim vaksinator, akan dikerahkan 11 tim dari Puskesmas II Denpasar barat dan Puskesmas I Denpasar barat. Vaksinasi untuk 11 desa/kelurahan ini akan digelar hingga 10 Mei 2021 mendatang. 

(bx/dip/rin/JPR)

 TOP