Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Resmi, Singapore Airlines Tunda Penerbangan ke Bali

04 Mei 2021, 20: 40: 57 WIB | editor : Nyoman Suarna

Resmi, Singapore Airlines Tunda Penerbangan ke Bali

Ilustrasi penerbangan. (Dok.Jawa Pos)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS - Singapore Airlines resmi menunda rencana penerbangan internasionalnya dengan tujuan Singapore - Bali. Hal ini diduga dampak dari merebaknya kasus Covid-19 di sejumlah negara beberapa waktu lalu. Sebelumnya, maskapai tersebut rencananya akan memulai penerbangan internasional pertama ke Bali setelah jeda sekian lama pada 4 Mei 2021.

"Penerbangan SQ memang ditunda untuk penerbangan tanggal 4 Mei hari ini (kemarin, Red)," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali Nusa Tenggara, Noviansyah saat dikonfirmasi, Selasa (4/5).

Untuk waktunya, Noviansyah mengaku belum mengetahui pasti sampai kapan penerbangan maskapai Singapore Airlines ini akan ditunda ke Bali. Semua itu tergantung keputusan dari pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Pansus I DPRD Buleleng Sosialisasikan Ranperda LP2B

"Belum tahu, tergantung pusat yang memutuskan. Dan untuk penerbangan internasional untuk pengangkutan cargo tidak masalah, tetap diizinkan," katanya.

Pihaknya enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai adanya penundaan penerbangan Singapore Airlines ini ke Bali saat disinggung lebih dalam. Lantaran, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar merupakan pihak yang lebih tepat menyampaikan.

“Terkait penundaan penerbangan SQ lebih tepat ditanyakan ke KKP, karena terkait dengan faktor kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19," tuturnya.

Sebelumnya disampaikan, maskapai Singapore Airlines pulang-pergi (PP) Singapura-Bali memang akan melakukan penerbangan ke Bali mulai 4 Mei 2021. Penumpang yang diangkut oleh maskapai tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 26 tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal dalam masa adaptasi kebiasaan baru.

Pada aturan tersebut dikatakan, orang asing pemegang visa dan/atau izin tinggal yang sah dan berlaku dapat masuk wilayah Indonesia melalui tempat pemeriksaan imigrasi tertentu setelah memenuhi protokol kesehatan. Pemegang visa atau izin tinggal tersebut yakni visa dinas, visa diplomatik, visa kunjungan, visa tinggal terbatas, izin tinggal dinas, izin tinggal diplomatik, izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap.

Di sisi lain, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar, Jefri Hasurungan Sitorus menyebutkan, keputusan penundaan penerbangan Singapore Airlines berasal pusat. Tim Satgas yang dimaksud yakni Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan dan Satgas Penanganan Covid-19.

"Untuk saat ini kedatangan PPLN baik WNA, WNI atau PMI hanya dipusatkan melalui empat pintu Bandara, yaitu Kualanamu, Soetta, Juanda dan Samratulangi dan tiga laut yaitu Batam, Dumai dan Tanjung Pinang. Kewenangan ada di pusat," sebutnya.(ika)

(bx/aim/man/JPR)

 TOP