Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Hindari Larangan Mudik, Pemudik Curi Start

04 Mei 2021, 21: 29: 11 WIB | editor : Nyoman Suarna

Hindari Larangan Mudik, Warga Curi Start

CURI START: Lonjakan penumpang mulai padati Padangbai, Senin (3/5) malam. Pemudik hindari larangan mudik. (Agus Eka Purna Negara/Bali Express)

Share this      

KARANGASEM, BALI EXPRESS – Kebijakan pemerintah terkait larangan mudik sebentar lagi bakal berlaku. Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 Tahun 2021, masa larangan mudik selama Idul Fitri 1442 H diberlakukan 6-17 Mei.

Agar tetap bisa mudik, beberapa warga pun mencari celah. Seperti yang terjadi di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Senin (3/5) malam. Beberapa orang memilih curi start atau pulang kampung sebelum larangan mudik berlaku. Informasi di lapangan, jumlah penumpang terlihat agak padat dari hari sebelumnya. Kondisi ini dikabarkan terjadi sejak Sabtu (1/5) dan terjadi tiap malam.

Mereka notabene pengguna kendaraan roda dua. Meski begitu, antrean di loket penumpang tak sampai terjadi. Salah seorang penumpang mengaku sudah menyiapkan rencana pulang kampung sejak ada kabar larangan mudik. Karena itu, dirinya inisiatif meminta cuti di tempat kerja lebih awal. Sebab dirinya bakal manfaatkan waktu lebih awal dari libur Lebaran. “Sudah dimengerti (bos) karena saya dua tahun tidak pulang dan tahun ini pulang,” ujar Suratiningsih asal Lombok Utara, NTB. Hal yang sama juga dikatakan penumpang lainnya Udin. “Sekarang lebih cepat karena tidak antre,” kata warga Lombok Timur ini.

Baca juga: Kebocoran Perumda Air Minum Badung Tembus 40,6 Persen

Lonjakan penumpang itu juga dibenarkan Supervisor Jaga ASDP Pelabuhan Padangbai Faizal Arif Rahman. Menurutnya, lonjakan penumpang di H-10 Lebaran ini dimanfaatkan para pemudik agar bisa pulang kampung sebelum pemberlakuan larangan mudik 6 Mei. “Tapi tidak terlalu ramai. Puncaknya itu sudah Sabtu malam lalu,” kata Faiz.

Peningkatan penumpang terjadi antara 25 hingga 75 persen dibandingkan saat normal selama pandemi Covid-19. Pada Sabtu malam itu, pemudik yang menyeberang melalui Pelabuhan Padangbai mencapai 180 penumpang jalan, 300 penumpang pengendara roda dua per 12 jam. “Kalau yang Senin malam ini sedikit menurun,” kata Faizal.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP