Senin, 14 Jun 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Catat, Ini Syarat dan Cara Bayar Pajak di Samsat Drive Thru Batubulan

07 Mei 2021, 14: 37: 46 WIB | editor : Nyoman Suarna

Catat, Ini Syarat dan Cara Bayar Pajak di Samsat Drive Thru Batubulan

DILUNCURKAN : Suasana peresmian Samsat Drive Thru Gelis Gianyar di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Jumat (7/5). (Dewa Rastana/Bali Express)

Share this      

GIANYAR, BALI EXPRESS - Kini masyarakat Gianyar, khususnya yang ada di wilayah selatan tak perlu lagi datang ke Kantor Samsat Induk Gianyar apabila ingin membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) satu tahunan. Sebab kini sudah ada Samsat Drive Thru yang baru dilaunching Jumat (7/5) di Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Melalui Samsat Drive Thru ini masyarakat Gianyar akan lebih dimudahkan dalam proses pembayaran PKB satu tahunan karena mengusung slogan cepat, tepat, instan dan lunas. "Maka dari itu kami dari UPTD Samsat Gianyar berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program ini, sehingga kami bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Gianyar," ujar Kepala UPTD Pelayanan Pajak dan Restribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Gianyar, Anak Agung Rai Sugiartha, disela-sela launching Samsat Drive Thru Batubulan.

Ia pun menjelaskan jika Samsat Drive Thru buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 08.00 WITA hingga 14.00 WITA. Bagi wajib pajak (WP) yang hendak melakukan pembayaran PKB tinggal menyiapkan persyaratan berupa KTP dan STNK asli atas nama sendiri. Persyaratan kemudian diserahkan kepada petugas yang berjaga pada loket. WP pun tak perlu turun dari kendaraan seperti halnya memesan makanan di restoran cepat saji. Dan apabila seluruh persyaratan lengkap, maka proses pembayaran PKB hanya butuh waktu 5 menit. "Dan program ini sudah berjalan dari beberapa hari yang lalu untuk uji coba, sekarang kita peresmiannya saja," imbuhnya.

Baca juga: Paska Larangan Mudik, Bali Incar Wisatawan Lokal

Dengan Samsar Drive Thru ini, kata dia peningkatan jumlah WP yang melakukan pembayaran PKB diprediksi akan meningkat hingga 45 persen. Sebab masyarakat cenderung ingin cepat dan tidak perlu mengantri. 

Lebih lanjut dijelaskannya, Samsat Drive Thru tersebut diluncurkan juga untuk mengurangi kerumunan yang bisa terjadi di tengah pandemi Covid-19 ini. Sebab pelayanan terpecah menjadi tiga yakni Kantor Samsat Induk untuk melayani masyarakat di wilayah Gianyar bagian timur, kemudian di bagian utara bisa dilayani di Kantor Samsat Pembantu Ubud di Sayan dan di bagian selatan dilayani di Batubulan. Kendatipun demikian pelayanan tetap dipusatkan di Kantor Samsat Induk Gianyar. "Karena yang di Sayan dan Batubulan hanya bisa melayani pembayaran PKB perpanjangan atau satu tahunan saja," sambungnya.

Selain itu keberadaan Samsat Drive Thru juga bertujuan untuk optimalisasi pendapatan agar lebih jelas dan lebih tinggi. Termasuk juga mengenai ketaatan para wajib pajak.

Kapolres Gianyar AKBP Dewa Made Adnyana didampingi Kasatlantas Polres Gianyar AKP Laksmi Trisnadewi Wieryawan mengatakan bahwa program Samsat Drive Thru tersebut diluncurkan untuk mendukung program 100 hari Kapolri. Dimana Direktorat Lalu Lintas Polda Bali membuat 4 inovasi pelayanan publik, diantaranya Samsat Kerti (ke rumah tinggal), Mobile Samsat Keliling, Samsat Drive Thru dan SKCK Drive Thru. 

Inovasi pelayanan publik ini untuk memudahkan masyarakat melakukan kewajiban pembayar pajak kendaraan. Samsat Drive Thru ada di seluruh jajaran Polres se-Bali. Mulai dari Denpasar, Karangasem, Buleleng, Bangli, Klungkung, Gianyar, Tabanan, dan Jembrana. Disamping dijaga oleh petugas dari Dispenda, juga akan ada petugas dari kepolisian, Jasa Raharja, hingga pihak perbankan.

"Sehingga dipersilahkan bagi masyarakat yang terdekat dari Batulan dan ingin membayar pajak kendaraan untuk menggunakan Samsat Drive Thru, ini khusus perpanjangan saja," tegasnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat yang membayar pajak kendaraan I Kadek Agusti Juniawan, 26, alamat Jalan Kroya, Gang Cempaka Nomor 2, Denpasar Timur, mengatakan jika dirinya antusias untuk menggunakan layanan Samsat Drive Thru ini karena cepat dan mudah. "Menurut saya bagus dan cepat, juga lebih mudah dan tidak mengantri terlalu lama, tinggal membawa KTP Asli dan STNK asli atas nama sendiri," ungkapnya.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP