Senin, 14 Jun 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

PLTS Yeh Mampeh Tak Berfungsi

10 Mei 2021, 19: 22: 55 WIB | editor : Nyoman Suarna

PLTS Yeh Mampeh Tak Berfungsi

RUSAK: Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles saat meninjau PLTS di Yeh Mampeh, Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Bangli belum lama ini. (Istimewa)

Share this      

BANGLI, BALI EXPRESS- Keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Dusun Yeh Mampeh, Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Bangli mengalami kerusakan sejak sekitar 2017.  Namun hingga kini bantuan pemerintah pusat itu belum diperbaiki. Sehingga tidak berfungsi.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles mengatakan, dewan perlu rapat koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Pemkab Bangli.  Ini dilakukan untuk memastikan status aset, pengelolaannya, termasuk masalah lain yang menghambat perbaikan PLTS, sehingga dibiarkan rusak bertahun-tahun.  “Harapan saya bagaimana bantuan pemerintah bisa dijaga dengan baik,” kata Carles, Senin (10/5).

Carles yang sempat meninjau langsung kondisi PLTS itu beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi dari warga Yeh Mampeh, pembangunannya hampir bersamaan dengan PLTS di Dusun Bangklet, Desa Kayubihi sekitar 2013. Namun listrik yang dihasilkan tidak sebesar di Bangklet. Hal itu bisa dilihat dari peralatan yang ada, termasuk listrik yang dihasilkan hanya dipakai beberapa  warga yang bermukim di sekitar PLTS.

Baca juga: 5 Bulan Beraksi, Pemalsu Suket Tes Rapid Dibekuk Polres Jembrana

Masih berdasarkan keterangan warga, lanjut politikus Partai Demokrat itu, PLTS Yeh Mampeh rusak akibat bencana banjir 2017. Beberapa peralatannya rusak, bahkan ada yang sudah hanyut. Padahal keberadaannya sangat menguntungkan bagi warga setempat. “Kasihan bantuan yang begitu besar tidak bisa dimanfaatkan,” tandas politikus asal Batur itu.

Plt Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Bangli Dwi Wahyuni mengungkapkan, aset PLTS Yeh Mampeh masih tercatat di pemerintah pusat. Sempat akan dihibahkan ke Pemkab Bangli sekitar 2019. Namun pemkab belum bisa menerima karena kondisinya rusak. Tidak diketahui penyebab kerusakan dan sejak kapan rusak. Yang jelas, saat tim dari Pemkab Bangli turun ke Yeh Mampeh, PLTS off-grid itu sudah tidak berfungsi.  “Kalau diserahkan dalam kondisi rusak , kan kami yang salah kalau tidak berfungsi,” jelas Dwi.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP