Senin, 14 Jun 2021
baliexpress
Home > Nusantara
icon featured
Nusantara

Aksi Peduli, KMHDI Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana NTT

10 Mei 2021, 21: 35: 37 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Aksi Peduli, KMHDI Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana NTT

BANTUAN : KMHDI salurkan bantuan yang digalang lewat donasi KMHDI Peduli kepada korban bencana banjir bandang di Desa Failuka, NTT. (istimewa)

Share this      

JAKARTA, BALI EXPRESS -Pasca pengumpulan donasi KMHDI Peduli, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) selanjutnya menyalurkan bantuan kepada para korban bencana di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur. 

Ketua Presidium I Putu Yoga Saputra menyampaikan, penyaluran bantuan ini merupakan bentuk konsistensi KMHDI untuk menjalankan Dharma Agama dan Dharma Negara, serta menerapkan jati diri humanis dari KMHDI.

“Ini merupakan kepedulian kami terhadap saudara-saudara kami yang mengalami musibah yang tidak diinginkan. Penyaluran Bantuan ini dikoordinir langsung oleh Ketua Departeman Sosial Kemasyarakatan PP KMHDI yang langsung turun ke lokasi (Nusa Teggara Timur) dibantu dengan Kader KMHDI yang berada di daerah,” tutur Yoga Saputra, Senin (10/5).

Baca juga: Merasa Didiskriminasi, Koptax Airport Ngurah Rai Datangi DPRD Bali

Ketua Departemen Sosial Kemasyarakatan PP KMHDI, Deni Krisnandi menambahkan, kehadiran KMHDI Peduli adalah untuk membantu masyarakat di NTT yang terdampak banjir dan sangat membutuhkan bantuan. 

Penyaluran dilakukan di Desa Failuka Kabupaten Malaka yang jarak tempuh perjalanan hampir 19 jam dari Kota Kupang dengan kondisi beberapa jalan yang ekstrem. 

“Perjalanan dilakukan dari tanggal 7 Mei pukul 20.00 Wita dan tiba di lokasi posko tanggal 8 Mei pukul 15.00 Wita. Tujuan kami (KMHDI) untuk menyalurkan sembako, peralatan mandi dan air mineral, serta tidak luput juga kita datang untuk menghibur anak-anak (mental healing) agar dapat memperbaiki kondisi mental anak-anak di sana yang telah mengalami bencana musibah” jelas Deni Krisnandi.

Kegiatan yang merupakan program dari KMHDI ini disambut baik oleh masyarakat Desa Failuka. Mereka sangat berterimakasih atas kehadiran KMHDI yang kedua kalinya ke Desa Failuka yang sebelumnya sudah dilakukan oleh teman-teman KMHDI NTT.

“Kami sangat berterimakasih atas kepedulian adik-adik KMHDI.  Bantuan yang disalurkan sangat berguna bagi kami karena masyarakat sedang mengalami gagal panen dan juga stok pangan yang tersedia  tidak mencukupi untuk kebutuhan sampai akhir tahun,” ungkap kordinator posko Nm Videlis.

Deni menambahkan, kegiatan KMHDI Peduli ini juga sudah dilakukan bersama Kader KMHDI se-Jawa Timur di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terkena musibah gempa beberap waktu lalu. 

"Dan, nantinya KMHDI juga akan segera menyalurkan bantuan ke NTB di Kabupaten Bima, yang juga terdampak banjir bandang seperti yang dialami masyarakat NTT," pungkasnya.

(bx/man/rin/JPR)

 TOP