Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Bisnis
icon featured
Bisnis

Hari Jadi ke-59, BPD Bali Launching Tiga Program Baru

07 Juni 2021, 07: 57: 55 WIB | editor : Nyoman Suarna

Hari Jadi ke-59, BPD Bali Launching Tiga Program Baru

HARI JADI: Kegiatan HUT ke-59 Bank BPD Bali melaunching tiga program terbaru. (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS – Hampir 6 dekade, Bank BPD Bali berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Bali. Adanya pandemi Covid-19 memberikan banyak pelajaran berharga bagi insan perbankan, tak terkecuali Bank BPD Bali. Di Tahun 2020, dalam terpuruknya kondisi pariwisata Bali, Bank BPD Bali berupaya keras untuk beradaptasi secara cepat menghadapi perubahan arah bisnis perbankan.

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma menyampaikan, pada masa pandemi ini pihaknya memfokuskan pemberian bantuan dana kepada UMKM. Hal ini dilakukan akibat terpuruknya industri pariwisata yang terdapak pandemi Covid-19. Sehingga dengan bantuan dana tersebut tidak membuat semua sektor kehidupan ikut padam dan terpuruk.

“Kegiatan HUT ke-59 Bank BPD Bali difokuskan sebesar-besarnya kepada nasabah UMKM Bank BPD Bali, sebagai bentuk kepedulian kami kepada nasabah, untuk ‘Bangkit Bersama Bank BPD Bali’,” ujar Sudharma saat memberikan sambutan serangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 BPD Bali, di Gedung Ksirarnawa, Art Center-Denpasar, Sabtu (5/6).

Baca juga: 33 Persen Perempuan di Bali Beresiko Menderita Osteoporosis

Serangkaian peringatan HUT ke-59, Bank BPD Bali juga melaunching tiga program terbaru, yakni, Eling BPR. Yang mana, BPD dan LPD terintegrasi bisa menggunakan pengiriman (transfer dana) ke rekening lain. Kemudian, program Bank BPD Bali Online on Boarding, yakni untuk mendaftarkan diri dalam pembuatan rekening dan layanan, calon nasabah tidak perlu datang ke kantor BPD, namun cukup men-download aplikasinya pada telepon seluler. Selanjutnya, Bank BPD Bali mengeluarkan Bali Pay, yakni uang elektronik terobosan baru menuju (go digital) untuk solusi pembayaran aman agar terhindar dari bersentuhan.

Untuk mendukung UMKM Bali, Bank BPD Bali juga akan membuka atau menyiapkan outlet di setiap cabang. Hal ini berfungsi untuk memberikan kesempatan bagi produk kerajinan UMKM dalam memperluas pemasaran kerajinan tangan perajin lokal. Sehingga perekonomian Bali secara perlahan dapat pulih di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

“Outlet ini dapat dimanfaatkan oleh nasabah UMKM Bank BPD Bali secara bergantian sepanjang tahun. Selain itu juga ada Pameran Bali Bangkit di Art Center Tahap II bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Bali. Serta Weekend Market selama 5 minggu berturut-turut mulai tanggal 8 Mei sampai 6 Juni 2021 di Kebon Vintage Cars. Dengan kurang lebih 425 UMKM yang merupakan nasabah loyal produk layanan digital Qris Bank BPD Bali,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur Bali, Wayan Koster, yang turut menghadiri acara HUT ke-59 BPD Bali berpesan agar BPD Bali tidak cepat merasa berpuas diri. Sebab, BPD Bali memiliki tanggungjawab yang sangat besar sebagai salah satu pilar penopang perekonomian Bali dengan tantangan ke depan yang makin lebih dinamis.

Untuk itu, Gubernur Koster meminta agar BPD Bali lebih progresif hingga mampu bergerak lebih maju. Sehingga akan makin lebih dapat diandalkan untuk menjaga dan menopang perekonomian Bali sesuai prinsip Trisakti Bung Karno. Yakni Berdaulat Secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi dan Berkepribadian dalam Kebudayaan.

“Jangan hanya kita melaksanakan seremonial saja, tetapi harus bergerak dinamis ke depan, dan melihat dimana posisi kita saat ini. Karena seperti biasa, jika rasa puas yang mendominasi maka akan membuat kita nyaman dan tidak memiliki target pencapaian ke depannya,” tegas Gubernur Koster.

Pada kesempatan itu, Gubernur Koster juga mengajak BPD Bali menggunakan peringatan hari jadinya ini sebagai momentum untuk terus memacu diri dalam rangka memberdayakan elemen membangun Bali, dan bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, Gubernur Koster juga berpesan agar seluruh komisaris, direksi dan karyawan untuk tidak melupakan sejarah perkembangan BPD Bali yang bisa berkembang seperti saat ini. Dengan tumbuh pada angka Rp 26,8 triliun dan laba mencapai Rp 292 miliar, adalah tak lain berkat jasa yang awalnya dibangun oleh tujuh orang pendirinya. Yakni, Ida Bagus Ardana, I Wayan Jiwa, Ida Bagus Astika Manuaba, Ida Bagus Merdangga, I Gusti Putu Artawa, I Nyoman Natra, dan I Gusti Made Nugra.(ika)

(bx/ras/man/JPR)

 TOP