Senin, 14 Jun 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Puluhan Rumah Warga Pancingan Terendam Banjir

09 Juni 2021, 15: 07: 19 WIB | editor : Nyoman Suarna

Puluhan Rumah Warga Pancingan Terendam Banjir

BANJIR: Sejumlah warga terlihat berjalan di tengah banjir yang merendam puluhan rumah di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Rabu (9/6). (Istimewa)

Share this      

KLUNGKUNG, BALI EXPRESS- Puluhan rumah warga di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung terendam banjir, Rabu (9/6) pagi. Hal ini terjadi akibat hujan deras yang menyebabkan air Sungai Candi Gara meluap masuk ke pemukiman warga.

Salah seorang warga, Ni Ketut Sutami mengungkapkan, hujan deras mengguyur kawasan itu sekitar pukul 05.00.  Beberapa jam setelahnya, air sungai meluap menggenangi rumah warga. Termasuk warung miliknya. Air sempat setinggi paha orang dewasa membuat barang-barang Sutami terendam. Kejadian seperti ini, menurutnya bukan yang pertama. “Kalau sudah hujan deras, pasti banjir. Lokasi pemukiman ini memang rawan banjir,” ujar Ketut Sutami sambil memindahkan barang dagangannya.

Hal serupa diungkapkan warga lainya, I Komang Sayoga. Pria berusia 22 tahun ini menyebutkan, kejadian pukul 08.00.  Sebelum air menggenangi rumah, sempat hujan deras di sana. Air sampai masuk ke rumah warga mengakibatkan barang-barang di dalamnya ikut basah.

Baca juga: Pasal Penghinaan Presiden Diharapkan Jadi Ranah Perdata

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta sempat ke lokasi. Kasta juga sudah koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaaan Umum Kabupaten Klungkung untuk mencari solusi agar warga terhindar dari banjir.

Selain itu, politikus Partai Gerindra yang ke lokasi bersama Kapolsek Dawan AKP Ida Ayu Kalpika Sari ini juga mengingatkan warga tidak membuang sampah di aliran sungai yang bisa menyebabkan pendangkalan, termasuk menyumbat aliran. Sehingga menyebabkan air meluap. “Mari bersama-sama jaga kebersihan lingkungan sekitar dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan semoga musibah ini segara bisa ditanggulangi,” ujar wakil bupati asal Desa Akah ini.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP