Senin, 14 Jun 2021
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Jadwal Pemilu Saat Galungan Belum Final

09 Juni 2021, 17: 40: 56 WIB | editor : Nyoman Suarna

Jadwal Pemilu Saat Galungan Belum Final

Mendagri Tito Karnavian (antara)

Share this      

JAKARTA, BALI EXPRESS- Beredarnya jadwal Pemilu pada 28 Februari 2024 atau bertepatan dengan Hari Raya Galungan bagi umat Hindu ternyata bukanlah keputusan resmi atau final. Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, Rabu (9/6), mengatakan jadwal itu merupakan pengajuan dari KPU RI setelah mempertimbangkan berbagai kemungkinan dalam pelaksanaan Pemilu serentak dan Pilkada serentak di 2024.

“KPU menyampaikan 28 Februari, dengan alasan kesiapan anggaran sudah ada, kemudian dilaksanakan sebelum bulan Ramadan untuk menghindari kelelahan petugas. Nah diambil lah 28 Februari, tapi ini belum menjadi keputusan resmi, belum,” kata Tito.

Ia pun menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan jadwal Pemilu bergeser dari yang diusulkan KPU apabila ada pertimbangan lain. Nantinya pemerintah akan melakukan kajian, demikian pula dengan Bawaslu maupun Komisi II DPR RI. “Mungkin ada yang menyampaikan ke publik, 28 Februari adalah Hari Raya Galungan. Otomatis harus exercise dan itu tidak bisa berlaku. Apa yang dilakukan berikutnya, nanti akan dilakukan rapat kembali, rapat exercise bukan rapat final loh,” terang mantan kapolri ini.

Baca juga: Gara-gara “Promo BTS Meal”, Salah Satu Gerai McD Dapat Peringatan

Lanjutnya, dalam amanat Undang-Undang Pemilu, menyebutkan bahwa Pemilu presiden-wakil presiden akan digelar bersamaan dengan legislatif, DPRD, dan disebutkan tahunnya pada 2024. Sementara di Undang-Undang 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah secara spesifik disebutkan November 2024. Oleh sebab itu, KPU RI membuat kajian untuk jadwal Pemilu serentak 2024 dengan menyelaraskan jadwal pilkada termasuk pertimbangan lain. Seperti proses penganggaran, bulan puasa dan pertimbangan lainnya. (antara)

(bx/wan/man/JPR)

 TOP