Senin, 14 Jun 2021
baliexpress
Home > Politik
icon featured
Politik

Jelang Pesta Demokrasi, Bawaslu Bina SDM

10 Juni 2021, 20: 00: 17 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Jelang Pesta Demokrasi, Bawaslu Bina SDM

Kordiv Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Provinsi Bali, I Ketut Rudia. (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS –  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Bali mulai ancang-ancang persiapan pelaksanaan pesta demokrasi Pilpres pada tahun 2024.

Salah satu program yang dilakukannya adalah melakukan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Hal itu diungkapkan oleh Kordiv Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Provinsi Bali, I Ketut Rudia, Kamis (10/6).

Dijelaskan Rudia, meski pesta demokrasi serentak akan berlangsung tiga tahun lagi, persiapan secara khusus memang belum dilakukan.

Baca juga: Guru Honorer Alami Hipoglikemia Paska Vaksin, Kisahnya Viral

Rudia menyampaikan saat ini juga bersinergi dengan Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota yang ada di Bali. Namun, kegiatannya pun disebutkan sebagai kegiatan rutin dalam melakukan pembinaan. “Kalau ke kabupaten/kota lebih kepada kegiatan rutin pembinaan SDM,” sambung dia.

Disebutkannya, kegiatan terdiri dari meningkatkan kapasitas penanganan pelanggaran, pengawasan,  hingga penyelesaian sengketa. Sebab, dalam pesta demokrasi tugas Bawaslu memang seputaran hal tersebut. Terlebih lagi dalam pemahaman SDM yang ada terkait hukum pemilu.

“Pembinaan SDM menyangkut peningkatan kapasitas dalam penanganan pelanggaran, kapasitas pengawasan, kapasitas penyelesaian sengketa, kapasitas pemahaman hukum pemilu . Ini juga bagian dari persiapan kami menyongsong pesta demokrasi serentak tahun 2024,” tandas Rudia.  

(bx/ade/rin/JPR)

 TOP