Senin, 14 Jun 2021
baliexpress
Home > Features
icon featured
Features

Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

10 Juni 2021, 20: 17: 59 WIB | editor : Nyoman Suarna

Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Ilustrasi (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS- Sakit maag bisa terjadi pada siapa saja, salah satu penyebab dari sakit maag ini adalah faktor makanan, sehingga untuk mencegahnya perlu dihindari supaya maag ini tidak kambuh. 

Dr. Ida Bagus Yudistira, mengatakan bisa dipicu karena makan terlalu banyak atau terlalu cepat, stres, mengonsumsi obat tertentu, atau menderita penyakit tertentu. "Sakit maag juga bisa dihubungkan dengan gaya hidup yang buruk dan tidak sehat, contohnya merokok, mengonsumsi makanan yang pedas," jelasnya.

Ada beberapa jenis makan yang harus dihindari penderita maag, seperti makanan dan minuman asam, beberapa jenis makanan, seperti buah jeruk, lemon, limau, saus tomat, serta minuman berkarbonasi/bersoda bersifat asam, sehingga dapat menyebabkan masalah pencernaan. 

Baca juga: Aliansi Rakyat Bali Nyatakan KKN Masalah Pokok Bangsa

Selanjutnya adalah makanan pedas, makanan pedas termasuk makanan untuk penderita maag yang sebaiknya dijauhi, sebab dapat meningkatkan risiko iritasi pada saluran pencernaan, termasuk lambung. "Oleh karena itu, jika mengalami gangguan pencernaan, dianjurkan untuk memilih makanan lembut dan hindari makanan pedas," lanjutnya. 

Makanan berlemak dan digoreng akanan lain yang perlu dihindari penderita maag adalah makanan berlemak dan digoreng. Makanan berlemak dapat memperlambat otot-otot pencernaan, dan memperlambat pengosongan lambung. 

Selain itu, makanan berlemak juga bisa memperburuk konstipasi dan diare. Sedangkan makanan yang digoreng, membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna, rendah serat dan dapat membuat perut kembung.

Alkohol juga harus dihindari bisa berbahaya bagi lapisan lambung dan metabolisme hati, sehingga justru bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Alkohol juga bersifat iritatif, sehingga dapat memperparah keluhan penderita maag. 

Meski harus menghindari berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, masih banyak pilihan makanan untuk penderita maag yang aman untuk dikonsumsi. "Penderita maag juga disarankan untuk makan sedikit namun sering, serta mengunyah makanan secara perlahan sebelum ditelan," tambahnya. 

(bx/gek/man/JPR)

 TOP