Sabtu, 24 Jul 2021
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Atasi Blank Spot, Jangan Pikir Bisnis Semata

13 Juni 2021, 18: 17: 16 WIB | editor : Nyoman Suarna

Atasi Blank Spot, Jangan Pikir Bisnis Semata

Bupati Karangasem I Gede Dana (DOK.BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS - Sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem minim akses internet, sehingga dikategorikan blank spot. Terutama warga yang bermukim di wilayah perbukitan.

Tower jaringan telekomunikasi memang belum banyak dibangun di area blank spot. Sehingga akses internet minim di sekitarnya. Karena itu, Bupati Karangasem I Gede Dana mempunyai rencana untuk koordinasi dengan perusahaan telekomunikasi agar bersedia mendirikan tower jaringan di blank spot.

Berdasarkan pantauannya, minimnya jaringan telekomunikasi tidak hanya terjadi di Kecamatan Kubu bagian atas, namun juga terjadi di Kecamatan Karangasem. Termasuk di kampung halamannya sendiri di wilayah perbukitan Desa Datah, Kecamatan Abang. “Di Kecamatan Karangasem itu ada di Desa Seraya Timur. Juga wilayah-wilayah bagian atas di perbukitan dan dekat gunung. Bahkan terjadi merata di sejumlah titik di seluruh kecamatan,” kata Gede Dana, belum lama ini. Sikap perusahaan telekomunikasi yang berinvestasi di Karangasem agar memberi kontribusi untuk kemajuan daerah juga sangat diharapkan pemerintah.

Baca juga: Viral! Aksi Maling Satroni Warung Roti Bakar, Tablet Kasir Raib

Pihaknya juga akan mengambil langkah tegas terhadap perusahaan telekomunikasi dengan mempertimbangkan pemberian izin pendirian tower. “Kami berharap tower telekomunikasi bisa didirikan di daerah blank spot. Jangan hanya memikirkan bisnis semata. Jika mau berbisnis di Karangasem juga harus siap membangun bersama,” ajaknya.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karangasem akhir tahun lalu sudah memetakan sejumlah dusun di tiap desa terkait minimnya jaringan telekomunikasi. Pemetaan yang dilanjutkan dengan verifikasi wilayah dilakukan untuk mengetahui titik mana saja yang perlu peningkatan jaringan telekomunikasi.

Pemerintah sudah melibatkan para kepala dusun untuk melapor apabila terjadi kesulitan akses jaringan. Data yang diterima media ini beberapa waktu lalu, hasil pemetaan sementara ada sekitar 30 desa lebih di sejumlah kecamatan dilaporkan blank spot.

(bx/aka/man/JPR)

 TOP